Perawatan Kuku dan Rambut Melalui Asupan Makanan Bernutrisi

Fimela Editor12 Feb 2020, 13:00 WIB
paprika

Fimela.com, Jakarta Tidak perlu terpaku dengan segala macam produk perawatan kuku dan tubuh yang mahal. Kamu tetap bisa mempercantik diri dengan perawatan dari dalam, salah satunya dengan pemilihan asupan makanan bergizi. Makanan yang sehat bukan hanya dapat menjaga stamina dan kesehatan tubuh namun juga bermanfaat bagi kecantikan kuku dan rambut.

Asupan makanan sehat yang kaya akan nutrisi juga dapat merawat helaian rambut dan kuku dengan maksimal. Seperti dilansir dari realsimple.com berikut lima rekomendasi asupan makanan yang dapat kamu coba dalam rutinitas perawatan kuku dan rambut tanpa anggaran besar.

1. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung vitamin E: Vitamin E penting untuk mencegah kerontokan rambut, hal ini disebabkan oleh defisiensi yang dapat menghambat pertumbuhan sel normal, sehingga berkontribusi pada kerontokan rambut yang tidak diinginkan.

Biji bunga matahari sangat ampuh untuk meningkatkan kadar vitamin E dan menjaga rambut agar tetap bervolume. Terlebih, biji bunga matahari juga mengandung antioksidan yang penting untuk kesehatan kulit, sehingga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dari sinar UV.

2. Paprika merah

Seperti yang kita tahu, jeruk kaya akan vitamin C, tapi tahukah kamu bahwa satu porsi paprika merah sebenarnya menyediakan lebih banyak vitamin C ketimbang jeruk? Vitamin C penting untuk sintesis kolagen, sebuah protein yang berlimpah di kulit dan sangat penting untuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa rambut rontok mungkin berhubungan dengan kurangnya asupan vitamin C. Makanan seperti paprika merah yang dikemas dengan Vitamin C dapat membantu tubuh kita menyerap zat besi, yang dapat membantu mencegah kerontokan rambut.

3. Kacang pistacio

Kacang pistacio mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak baik ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat dari mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal adalah memperbaiki penuaan kulit. Satu studi menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi makanan tinggi lemak tak jenuh tunggal mengalami peningkatan elastisitas kulit.

Lemak sehat, seperti yang ditemukan di dalam kacang pistacio ini juga terbukti mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan kepadatan rambut serta diameter rambut.

4. Ketimun

Selain kulit, rambut dan kuku juga harus tetap terhidrasi. Kuku yang kering dan rapuh bisa lebih rentan terhadap infeksi jamur. Untuk kamu yang rutin menggunakan pengering rambut atau alat penata rambut bersuhu tinggi, biasanya berisiko mengalami rambut kering dan rusak.

Kurangnya hidrasi juga dapat menyebabkan masalah kulit yang umum seperti kulit kering, terkelupas, dan juga dapat menyebabkan kulit lebih rentan terhadap kerutan. Cobalah mengkonsumsi mentimun, karena mentimun mengandung 96% air sehingga mampu menghidrasi tubuh.

 

5. Telur

telur ayam
ilustrasi telur rebus/Photo by Outsource Photo on Unsplash

Lutein adalah fitonutrien yang ditemukan dalam telur, kandungan ini sangat bermanfaat bagi kulit, rambut, dan kuku.

Lutein yang ditemukan dalam kuning telur sangat bioavailable, yang berarti sudah tersedia untuk digunakan oleh tubuh. Lutein juga bermanfaat untuk membuat kulit bercahaya dan membuat rambut tetap berkilau.

 

Penulis: Iffah Nurahmah

Lanjutkan Membaca ↓