Tips Menghadapi Kritikan Pedas dari Seseorang

Gayuh Tri Pinjungwati16 Feb 2020, 16:15 WIB
kritik

Fimela.com, Jakarta Kritik dan saran memang perlu, untuk membuat suatu perubahan. Namun tidak semua orang dapat menerima kritikan dan saran dari orang lain. Sebenarnya ada maksud yang mungkin dapat membuatmu harus melakukan perubahan dari kritikan tersebut.

Tidak semua kritikan bersifat membangun, bahkan kritikan yang menjatuhkan mungkin saja akan diucapkan oleh orang lain baik disengaja atau tidak disengaja. Hal ini dapat membuat seseorang merasa kesal dan emosi. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk menghadapai kritikan pedas dari orang lain.

Ambil Pesan Positif

Mendapatkan kritikan dari seseorang mungkin sudah biasa dalam kehidupan sehari-hari. Tak perlu bersedih hati ketika mendapatkan kritikan dari orang lain. Ambil sisi positif dari kritikan tersebut. Mungkin saja kritikan tersebut dapat memperbaiki dirimu.

Jadikan Motivasi

Jika mendapatkan kritikan yang pedas jangan teburu-buru untuk emosi. Sebaiknya jadikan kritikan tersebut sebagai motivasi untuk terus melangkah. Mungkin bagi sebagian besar orang kritikan yang pedas membuatnya semakin emosi dan enggan untuk melakukan perubahan pada dirinya. 

Lupakan Kritik yang Menyakitkan

perempuan workaholic
Sudah istirahat hari ini?/Copyright shutterstock.com

Jika seseorang melakukan kritik pedas dan memang benar-benar tidak masuk akal, biarkan saja mereka ngomong sesuka hatinya. Tidak semua kritikan dapat ditanggapi dengan positif jika memang sudah melewati batas. Lupakan danjangan memasukkan perkatannya dalam hati. Jika kamu memikirkan kritikan yang memang diluar batas, hanya akan membuatmu merasa stres dan kehilangan energi.

Introspeksi Diri

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, tidak semua kritikan pedas hanya dapat melukai hatimu. Justru ini kesempatanmu untuk membenahi diri. Orang yang melakukan kritikan bukan berarti dia tidak suka denganmu, melainkan ia ingin kamu melakukan perubahan yang lebih baik dari sebelumnya.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk mengahadapi kritikan pedas dari seseorang yang mungkin dapat melukai hatimu. Namun ingat, tidak semua kritikan itu bersifat menjatuhkan, namun kritik juga bersifat membangun. Justru dengan mendapatkan kritikan dapat membuatmu lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓