Sukses

Lifestyle

4 Ciri Mayones Sudah Tak Layak Dikonsumsi

Fimela.com, Jakarta Mayones bisa dinikmati untuk berbagai jenis hidangan. Mulai dari untuk salad, roti lapis, hingga hamburger. Mayones dibuat dengan bahan dasar yang merupakan kombinasi dari telur, air perasan lemon, cuka, dan minyak.

Apakah mayones bisa busuk? Pada dasarnya selama mayones disimpan di dalam stoples kaca bertutup rapat, maka mayones tidak akan gampang busuk. Jika sudah terbuka dan tidak disimpan di dalam kulkas, mayones rentan terkontaminasi bakteri seperti salmonella. Bahkan untuk makanan yang diolesi mayones sebaiknya perlu segera dikonsumsi tak lebih dari satu jam setelah dibuat.

 

 

Perhatikan Ciri Mayones yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi

Mayones bisa busuk dan tidak layak konsumsi bila terkena suhu tinggi setelah dibuka atau ketika sudah terkontaminasi. Melansir How to Tell if Mayonnaise has Gone Bad? And Methods to Store it via foodsforbetterhealth.com, ada empat ciri mayones yang sebaiknya tak dikonsumsi, antara lain:

1. Warna berubah, menjadi agak kecokelatan atau kusam kehitaman.

2. Munculnya jamur.

3. Bau tidak sedap.

4. Perubahan tekstur, seperti jadi lebih bergerindil.

Bila mayones memiliki ciri-ciri di atas, sebaiknya tidk dikonsumsi. Selain mengecek tanggal kedaluwarsanya, pastikan juga kondisinya dicek mulai dari bau dan teksturnya, ya.

Untuk menjaga kualitas mayones agar tidak gampang busuk, perhatikan proses penyimpanannya. Mayones yang sudah dibuka dari wadahnya, seperti stoples atau jar, sebaiknya disimpan di dalam kulkas. Gunakan sendok bersih setiap kali akan mengeluarkan dan mengoleskan mayones ke makanan.

 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading