Minum Teh Hijau pada Pagi Hari, Perhatikan 4 Hal Penting Ini

Endah Wijayanti12 Feb 2020, 07:15 WIB
minum teh hijau

Fimela.com, Jakarta Teh hijau diyakini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk tubuh. Selama dikonsumsi dalam kadar yang cukup, kita bisa mendapatkan manfaat terbaiknya. Selain itu, pemilihan waktu yang tepat untuk minum teh hijau juga memengaruhi manfaat yang bisa didapat.

Bagi yang terbiasa minum teh hijau pada pagi hari, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Selengkapnya langsung saja simak infonya yang dilansir dari When to Drink Green Tea for Maximum Benefits via foodsforbetterhealth.com berikut ini.

1. Teh Hijau Sebaiknya Tak Dikonsumsi saat Perut Kosong

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Drug Safety tahun 2008 menemukan bahwa minum teh hijau saat perut kosong, khususnya bila kandungan ekstrak tehnya tinggi, bisa memberi efek merugikan pada organ hati daripada meminumnya setelah makan. Dengan kata lain, teh hijau sebaiknya dikonsumsi setelah makan. Satu atau dua jam setelah sarapan, barulah bisa minum teh hijau.

2. Hindari Minum Teh Hijau pada Pukul 08.00 - 09.00

Teh hijau mengandung kafein. Pada pukul 08.00 - 09.00, saat kadar kortisol dalam darah tinggi, kita sebaiknya menghindari minuman berkafein karena produksi kortisol secara alami membantu kita lebih terjaga. Jadi, meminum teh hijau pada jam tersebut kurang bisa memberi dampak positif yang diinginkan.

3. Teh Hijau Baik Diminum antara Pukul 09.30 - 11.30

green tea
ilustrasi teh hijau/Photo by Jia Ye on Unsplash

Kadar kortisol tubuh menurun antara pukul 09.30 hingga 11.30. Pada rentang waktu tersebut, kita bisa minum teh hijau untuk mendapatkan manfaat positifnya. Jadi, siapkan teh hijaumu pada jam-jam tersebut, ya.

4. Teh Hijau Dikonsumsi Secukupnya

Segala sesuatu yang berlebihan memang tak baik. Begitu pula dengan konsumsi teh hijau. Jika teh hijau dikonsumsi atau diminum berlebihan, toleransi tubuh kita terhadap manfaatnya akan terpengaruh. Sehingga hasilnya justru akan kurang efektif. Minum segelas teh hijau pada pagi hari masih dianggap cukup aman selama diimbangi dengan pola makan yang seimbang.

Semoga informasi ini bermanfaat dan memberi pemahaman baru dalam konsumsi teh hijau harianmu. Seduh teh hijau selama dua hingga tiga menit agar rasanya tidak pahit saat diminum.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓