Sukses

Lifestyle

Tips Menyuci Handuk yang Kotor

Fimela.com, Jakarta Handuk merupakan perlengkapan mandi yang tak kalah penting. Handuk digunakan untuk mengeringkan badan saat setelah mandi. Handuk yang kotor yang jarang dicuci menjadi tempat yang mudah untuk berkembangnya bakteri dan jamur.

Bakteri dan jamur yang menempel pada handuk, jika tidak segera dicuci makan akan menyebabkan munculnya penyakit bagi yang menggunakannya. Handuk yang kotor dapat memicu timbulnya penyakit jamur pada kulit. Ada tips mudah untuk mencuci handuk yang kotor dan berbau.

Merendam Handuk dengan Air Panas

Menyuci handuk tidak sama dengan menyuci baju. Terlebih handuk yang jarang di cuci dan terlihat sangat kotor. Basahi handuk menggunakan air dingin biasa. Kemudian peras dan letakkan di dalam bak, lalu berikan detergen dan citrun secukupnya. Tuangkan air panas ke dalam bak. Rendam handuk hingga air berubah menjadi dingin.

Kucek dan Sikat

Jika air rendaman sudah dingin, sikat handuk menggunakan sikat pakaian. Sikat pada seluruh bagian handuk, terlebih bagian yang terlihat sangat kotor. Bila perlu tambahkan detergen pada saat mengucek dan menyikat.

Bilas Menggunakan Air Mengalir

Jika handuk sudah terlihat bersih, lalu bilas menggunakan air bersih yang mengalir. Usahakan membilas hingga bersih, tanpa meninggalkan bekas sabun sedikit pun. Bilas berulang kali, kemudian peras.

Jemur di Bawah Sinar Matahari Langsung

Menjemur handuk dibawah sinar matahari langsung dapat mempercepat proses pengeringan. Selain itu handuk yang lebih cepat kering, tidak meninggalkan bau yang tak sedap. Memberikan pewangi setelah membilas mungkin dapat dilakukan, untuk menghindari handuk menjadi berbau apek.

Nah itu tadi beberapa langkah untuk menyuci handuk yang sangat kotor. Ada baiknya selalu mengganti handuk secara rutin, supaya terhindar dari penyakit kulit dan berkembangnya bakteri serta jamur pada handuk itu sendiri.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading