Agar Sambal Bawang Tidak Langu, Ini Tipsnya

Endah Wijayanti16 Feb 2020, 15:15 WIB
sambal bawang

Fimela.com, Jakarta Sambal bawang sangat mudah dibuatnya. Selain itu, sambal bawang cocok dijadikan pendamping dan pelengkap aneka hidangan. Aroma bawang bisa menambah selera makan, tapi kalau terlalu langu jadinya malah kurang enak.

Agar sambal bawang tidak langu, ada tips mudah yang bisa dicoba. Bagi yang ingin membuat sambal bawang dengan cita rasa lebih gurih dan tidak langu, simak tipsnya di bawah ini.

Tambahkan Kemiri

Kita bisa menambahkan kemiri pada bahan-bahan sambal bawang. Untuk sambal bawang dengan 5 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, 9 buah cabai rawit, 1 buah cabai merah besar, kita bisa menambahkan 1 butir kemiri. Semua bahan tersebut diulek jadi satu dengan garam secukupnya.

 

Goreng Sebentar

Sambal Bawang
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Panaskan minyak goreng secukupnya. Lalu, goreng sambal sebentar hingga layu. Rasa bawang akan tetap kuat dan tidak langu. Rasanya pun makin gurih.

Tambahkan Air Perasan Jeruk Nipis

Bagi yang suka sambal dengan tambahan cita rasa asam dan segar, tambahkan air perasan jeruk nipis secukupnya. Rasa asam yang segar dari jeruk nipis dapat membuat sambal terasa lebih menggugah selera.

Tertarik untuk membuktikan dan mencoba langsung tips ini? Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓