Sukses

Lifestyle

Bagaimana Cara Memulai Gaya Hidup Sehat? Ini Tahapannya

Fimela.com, Jakarta Tidak ada cara untuk menghindar dari kenyataan bahwa usia dan organ tubuh akan bertambah tua. Tetapi American Academy of Dermatology (AAD) memiliki wawasan tentang bagaimana cara untuk mencegah terjadinya penuaan dini dengan mengandalkan metode perubahan gaya hidup sehat.

AAD menjelaskan ada dua jenis proses penuaan, yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Intrinsik adalah penuaan yang ditentukan oleh gen, sedangkan ekstrinsik adalah jenis penuaan dini yang disebabkan oleh faktor gaya hidup dan lingkungan.

Contoh kecil dari bentuk pencegahan proses penuaan dini adalah kewajiban mengenakan tabir surya setiap hari. Bahkan, pada hari berawan dan saat duduk di dalam pesawat karena rentan terhadap paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan keriput hingga bintik-bintik hitam. Tabir surya yang dikenakan juga harus berspektrum luas SPF 30 atau lebih dan tahan air, untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA serta UVB serta .

Selain melindungi kulit dari paparan sinar matahari setiap hari, yuk kita intip apa saja daftar yang harus masuk dalam perubahan gaya hidup sehat. Dilansir dari realsimple.com. setidaknya ada 6 hal yang bisa kita coba lakukan.

Berhenti merokok

Banyak perubahan dalam gaya hidup sehat yang bermanfaat bagi kesehatan dan secara keseluruhan juga bermanfaat bagi kulit. Seperti yang kamu tahu, merokok dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan dan AAD juga mengatakan merokok dapat menyebabkan kulit rusak, keriput, kusam hingga pucat.

Pola makan yang baik

Pola makan yang penuh dengan karbohidrat dan gula murni benar-benar dapat mempercepat penuaan. "Penting untuk memiliki diet seimbang yang mengandung antioksidan, protein, dan lemak sehat. Menghindari terlalu banyak makanan glikemik tinggi juga bermanfaat bagi kulit," ujar Sejal K. Shah, MD, FAAD, dokter kulit bersertifikat SmarterSkin Dermatology New York City. Kamu juga disarankan untuk rutin minum air mineral dua liter per hari.

Olahraga secara teratur

Olahraga merupakan kebiasaan gaya hidup lain yang terhubung dengan manfaat positif mulai dari mental hingga fisik. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi tubuh dan sistem kekebalan tubuh yang dapat membuat kamu terlihat lebih muda.

Mencuci wajah setidaknya dua kali sehari

Mulailah dengan pembersih berbasis minyak yang berfungsi menghilangkan kotoran tanpa mengeringkan kulit. Bersihkan wajah setiap pagi dan malam hari agar kebersihan wajah terjaga maksimal. Jangan lupa untuk membersihkan wajah ketika sudah berkeringat dan berolahraga.

Kurangi minum minuman mengandung alkohol

Alkohol adalah diuretik yang dapat membuat kamu dehidrasi. Hal ini tentu berpengaruh pada kondisi kulitmu. Minum minuman beralkohol terlalu sering dapat membuat kulit kamu terlihat lebih kasar dan menua.

 

Hentikan penggunaan produk yang mengiritasi pori-pori

Kenali jenis kulit wajah yang kamu memiliki. Apabila berjenis kulit sensitif pastikan produk perawatan harian yang kamu gunakan sesuai. Apabila belum menemukan produk yang cocok, maka biasanya kulit akan mudah iritasi. Bisa jadi kulitmu sensitif terhadap aroma, alkohol, atau propilen glikol yang terkandung di dalamnya. Segera konsultasikan dengan dokter kulit terpercaya.

 

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading