Konsumsi 7 Hal Ini untuk Merawat Kulit Tubuh dari Dalam

Fimela Editor14 Feb 2020, 20:00 WIB
kulit buah semangka

Fimela.com, Jakarta Semua bentuk perlindungan kulit tubuh dari luar seperti rutin mengaplikasikan tabir surya, mengenakan topi, memakai kacamata hitam, serta pakaian pelindung adalah langkah paling penting yang dapat diambil dalam upaya melindungi diri dari efek berbahaya paparan sinar matahari. Di samping itu, tahukah kamu asupan makanan yang tepat merupakan cara lain yang juga sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit tubuh?

"Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat membantu menangkal efek dari paparan sinar UV dengan mempersenjatai sel-sel tubuh kita dengan kekuatan untuk mencegah kerusakan, atau memperbaiki sel-sel yang rusak," jelas Amy Haynes, ahli diet di Salata Salad Kitchen.

Untuk itu yuk kita coba secara konsisten mengonsumsi makanan kaya antioksidan setiap hari. Dilansir dari realsimple.com, berikut beberapa makanan yang dapat melindungi kulit tubuh dari dalam menjaga kondisinya agar tetap sehat dan ternutrisi dengan maksimal.

Semangka

Ini adalah salah satu buah yang kaya akan air, yang sangat baik untuk menjaga kulit tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Semangka juga kaya akan likopen yang berperan dalam menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari dari dalam.

Wortel

Wortel mengandung vitamin A yang menawarkan manfaat perlindungan kulit dari zat beta-karoten. Beta-karoten adalah antioksidan dari karotenoid yang menyerap berbagai panjang gelombang sinar UV dari matahari sehingga dapat melindungi sel dari kerusakan.

Brokoli

Brokoli mengandung vitamin C dalam jumlah besar yang memiliki kemampuan menstabilkan radikal bebas. Antioksidan, seperti vitamin C memiliki cadangan elektron ekstra dan mampu menetralkan aktivitas radikal bebas dengan menyumbangkan elektron yang diperlukan untuk sirkulasi radikal bebas, sehingga melindungi molekul sehat dari serangan. Vitamin C juga penting untuk menjaga elastisitas kulit karena perannya yang penting dalam produksi kolagen.

Berry

Buah berry dikemas dengan polifenol yang dapat membantu memperlambat efek penuaan akibat paparan sinar matahari dan sangat mengurangi risiko kanker kulit.

 

Tomat

Sumber makanan lainnya yang kaya likopen adalah tomat. Tomat dapat melindungi kulit tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh sinar matahari. Tomat juga merupakan sumber vitamin A dan vitamin C.

 

Ikan salmon

Salmon
Salmon makanan pembakar lemak (Photo by David B Townsend on Unsplash)

Salmon kaya akan asam lemak Omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan akibat paparan sinar matahari berlebihan. Kamu bisa coba tambahkan salmon ke dalam menu salad, menu sarapan atau santap siang.

 

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓