Ulasan Buku Atomic Habits - James Clear

Endah Wijayanti16 Feb 2020, 08:45 WIB
atomic habits

Fimela.com, Jakarta Judul: Atomic Habits, Cara Mudah dan Terbukti untuk Membentuk Kebiasaan Baik dan Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Penulis: James Clear

Penerjemah: Alex Tri Kantjono Widodo

Perwajahan sampul: Pete Garceau

Perwajahan isi: Mulyono

Foto penulis: Nick Fancher

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Sebuah sistem revolusioner untuk menjadi 1 persen lebih baik setiap hari.

Orang mengira ketika Anda ingin mengubah hidup, Anda perlu memikirkan hal-hal besar. Namun pakar kebiasaan terkenal kelas dunia James Clear telah menemukan sebuah cara lain. Ia tahu bahwa perubahan nyata berasal dari efek gabungan ratusan keputusan kecil—dari mengerjakan dua push-up sehari, bangun lima menit lebih awal, sampai menahan sebentar hasrat untuk menelepon.

Ia menyebut semua tadi atomic habits.

Dalam buku terobosan ini, Clear pada hakikatnya mengungkapkan bagaimana perubahan-perubahan sangat remeh ini dapat tumbuh menjadi hasil-hasil yang sangat mengubah hidup. Ia menyingkap beberapa trik sederhana dalam hidup kita (seni Menumpuk Kebiasaan yang terlupakan, kekuatan tak terduga Aturan Dua Menit, atau trik untuk masuk ke dalam Zona Goldilocks), dan menggali ke dalam teori psikologi dan neurosains paling baru untuk menerangkan mengapa semua itu penting. Dalam rangka itu, ia menceritakan kisah-kisah inspiratif para peraih medali emas Olimpiade, para CEO terkemuka, dan ilmuwan-ilmuwan istimewa yang telah menggunakan sains tentang kebiasaan-kebiasaan kecil untuk tetap produktif, tetap termotivasi, dan bahagia.

Perubahan-perubahan kecil ini akan mendatangkan pengaruh revolusioner pada karier Anda, hubungan pribadi Anda, dan hidup Anda.

***

Pernah merasakan penyesalan setelah belanja sesuatu? Seringkali setiap kali kita membeli satu barang, langsung muncul hasrat dan dorongan untuk membeli barang lainnya. Contohnya saja saat kita membeli baju baru, biasanya langsung muncul keinginan untuk beli sepatu atau tas yang sekiranya serasi dengan baju itu. Belanja yang satu disusul dengan belanja berikutnya. Efeknya jadi mirip domino. Tahukah bahwa kecenderungan belanja yang satu disusul belanja berikutnya memiliki nama? Istilahnya adalah Efek Diderot.

Efek Diderot mengatakan bahwa satu barang baru sering menciptakan spiral konsumsi yang mengantar ke belanja yang lebih banyak. Banyak perilaku manusia yang mengikuti siklus tersebut. Satu hal diikuti oleh hal lain. Setiap tindakan menjadi petunjuk yang memicu perilaku berikutnya. Dari hal tersebut, kita bisa mendapat tips efektif dalam memupuk kebiasaan baru. Kita bisa membangun kebiasaan baru dengan mengidentifikasikan kebiasaan yang sudah ada dengan kebiasaan baru. James Clear dalam bukunya, Atomic Habits ini menyebutkan bahwa memupuk kebiasaan adalah strategi yang dapat digunakan untuk memasangkan kebiasaan baru dengan kebiasaan yang sudah ada.

Mengubah kebiasaan seringkali menjadi semacam pertempuran batin. Mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang lebih baik butuh proses. Bahkan seringkali dalam perjalanannya, kita selalu saja kesulitan dan gagal dalam membangun kebiasaan yang lebih baik. Melalui Atomic Habits, James Clear membagi berbagai informasi dan tips bermanfaat yang dapat digunakan untuk menciptakan kebiasaan baru yang lebih baik dalam hidup kita.

 

 

Proses membangun kebiasaan dapat dibagi menjadi empat langkah sederhana: mendapatkan petunjuk (cue), menumbuhkan gairah (craving), menanggapi (response), dan menikmati hasil (reward). (hlm. 56)

sifat menyebalkan
ilustrasi./Photo by mentatdgt from Pexels

Rasa malas kerap menjadi alasan atau rintangan kita dalam membangun kebiasaan baru yang lebih baik. Belum lagi ketika harus meninggalkan kebiasaan lama yang sudah bertahun-tahun terbentuk, jelas hal ini tidak mudah dilakukan. Namun, ada cara efektif untuk mengubah kebiasaan. Bahkan kita bisa “mengondisikan” otak kita untuk membangun kebiasaan baru. Dalam upaya mengendalikan diri dan menghindari godaan, ada langkah-langkah efektif yang bisa kita ambil.

Ada banyak tips dan panduan dalam buku Atomic Habits yang bisa kita ikuti. Salah satunya soal Aturan Dua Menit. Bagi yang punya kebiasaan menunda, Aturan Dua Menit ini bisa jadi langkah awal yang termudah untuk membangun kebiasaan baru yang jauh lebih baik. Setidaknya bisa mengalahkan rasa malas atau meninggalkan kebiasaan suka menunda.

Bila diri kita sendiri selalu kesulitan mengubah kebiasaan jadi lebih baik, melakukan sesuatu terhadap lingkungan atau kultur lingkungan bisa dilakukan. Pada dasarnya kita ingin selalu tampak sejalan dengan kebanyakan orang lain. Dari hal tersebut, kita bisa mengondisikan lingkungan di sekitar kita untuk membantu kita mengubah sesuatu dalam diri kita.

Menghilangkan kebiasaan buruk dan membentuk kebiasaan baik memang bukan proses yang instan. Meskipun begitu, selalu ada cara yang bisa kita pilih untuk menciptakan hidup yang lebih baik dengan kebiasaan-kebiasaan yang positif. Atomic Habits merupakan buku yang sangat cocok bagi kita yang selama ini selalu kesulitan dalam upaya mengubah kebiasaan. Selain itu, ada banyak informasi menarik yang bisa didapat dari buku ini terkait menjalani hidup dengan lebih bermakna dan positif dalam keseharian kita.

 

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓