Mengetahui Barang-Barang yang Tidak dapat Kamu Daur Ulang

Fimela Editor18 Feb 2020, 12:00 WIB
Ilustrasi Daur Ulang

Fimela.com, Jakarta Sementara banyak orang mendaur ulang barang untuk mencoba mengurangi pemborosan atau bahkan menghasilkan uang, meletakkan barang yang tidak dapat didaur ulang dengan barang yang dapat diolah akan mencemari proses. Banyak barang yang secara luas dianggap dapat daur ulang tetapi sebenarnya tidak sehingga terkadang bisa membingungkan.

Jika kamu ingin mendaur ulang dengan lebih efisien dan mudah, berikut hal-hal yang mungkin telah kamu daur ulang selama bertahun-tahun namun sebenarnya tidak bisa diproses. Dilansir dari popsugar.com, simak selengkapnya berikut ini.

Kantong plastik

Salah satu barang yang sebenarnya tidak dapat kamu daur ulang adalah kantong plastik. Kantong plastik tidak dapat dibiodegradasi, artinya kantung plastik ini bisa memakan waktu 10 hingga 1.000 tahun untuk terurai.

Gantungan baju

Gantungan baju yang berbahan dasar kawat logam ini sering terjebak pada peralatan daur ulang. Hal ini mengakibatkan kerusakan besar pada sistem daur ulang. Oleh karena itu, gantungan yang berbahan plastik maupun kayu juga tidak bisa didaur ulang.

Baterai

Barang lainnya yang tidak dapat kamu daur ulang, yakni baterai. Bahan-bahan baterai membuatnya menjadi barang berbahaya untuk fasilitas daur ulang. Baterai isi ulang atau lithium-ion khususnya tidak disukai karena menimbulkan masalah lingkungan terbesar.

Piring keramik

Selain barang-barang di atas, piring yang berbahan dasar keramik juga merupakan benda yang tidak dapat kamu daur ulang. Titik lebur keramik lebih tinggi daripada gelas konvensional, itulah sebabnya sebagian besar fasilitas daur ulang membuang keramik. 

 

Jenis barang yang tak bisa di daur ulang

Ilustrasi hanger
Sejumlah barang ini ternyata tak bisa kamu daur ulang. (Foto: Ilustrasi Unpsplash)

 

Bubble wrap

Bubble wrap yang terbuat dari film ini jarang diterima untuk daur ulang karena jenis plastik itu sering melilit barang daur ulang lainnya dan terjebak dalam mesin saat proses daur ulang sedang berlangsung.

Tutup botol plastik

Sementara botol plastik dapat didaur ulang namun tidak dengan tutupnya. Tutup botol plastik dan botol plastik tidak terbuat dari bahan yang sama. Tutup botol terbuat dari jenis plastik berbeda yang tidak dapat didaur ulang, sehingga tidak dapat didaur ulang dengan botol.

Sedotan plastik

Sedotan plastik tidak hanya terlalu kecil dan tipis tetapi juga mudah ditekuk untuk didaur ulang. Jika sedotan plastik akan didaur ulang, mereka akan terus-menerus jatuh ke celah-celah mesin daur ulang yang dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.

Ban

Tidak hanya benda-benda di atas yang tidak dapat didaur ulang tetapi ban juga. Sebagian besar fasilitas daur ulang tidak akan menerima ban karena terlalu memkan banyak ruang. Selain itu, ban berbahaya jika memerangkap gas metana.

Mainan

Benda terakhir yang seharusnya tidak kamu daur ulang adalah mainan. Sebagian besar mainan terbuat dari lapisan bahan yang berbeda. Oleh karena itu, mereka sulit untuk didaur ulang.

Itulah beberapa barang yang sebenarnya tidak dapat kamu daur ulang. Semoga bermanfaat, Sahabat Fimela.

(Rafinda Eki Puspitasari)

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓