Seberapa Besar Peran Musik agar Olahragamu Efektif? Ini Kata Penelitian

Febi Anindya Kirana12 Feb 2020, 19:12 WIB
olahraga mendengar musik

Fimela.com, Jakarta Ketika olahraga, orang pasti akan lebih nyaman jika melakukannya sambil mendengarkan musik. Bahkan ada banyak olahraga yang harus diiringi musik agar bisa membakar kalori lebih banyak, seperti misalnya zumba, senam aerobik, pilates, yoga dan lainnya.

Tapi sebenarnya seberapa besar peran musik saat melakukan olahraga? Sebuah penelitian yang terbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology menemukan bahwa musik memiliki kekuatan besar yang mampu mengalihkan pikiran tidak nyaman dan membantu mendorong semangat melakukan lebih banyak olahraga.

Mendengar musik memicu semangat olahraga

kepribadian
ilustrasi mendengar musik/Photo by Marcelo Chagas from Pexels

Mendengarkan musik dengan tempo cepat mampu mengalihkan perhatian dan rasa khawatiran seseorang bahwa olahraga yang dilakukannya terlalu berat. Musik memberikan semangat sekaligus memicu adrenalin seseorang untuk lebih berani mengambil tantangan, termasuk menyelesaikan sesi olahraga.

Peneliti bahkan menyebutkan bahwa mereka yang mendengarkan musik dengan tempo cepat membakar kalori lebih banyak dan detak jantungnya berdenyut lebih cepat sehingga olahraga terasa lebih efektif dan memberikan hasil dibandingkan yang tidak mendengar musik sama sekali.

Jadi sebenarnya sangat disarankan mendengarkan musik saat olahraga karena orang jadi lebih mudah menggerakkan badan dan mengikuti irama atau menikmati lagu yang didengarknnya.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓