Selain untuk Salad, Ini 4 Tips Mengolah Sayur Kale

Endah Wijayanti13 Feb 2020, 13:45 WIB
daun kale

Fimela.com, Jakarta Bingung mengolah sayur kale? Biasanya yang membuat kita kesulitan mengolah kale adalah rasanya yang pahit. Namun, dengan pengolahan yang tepat, kale bisa diolah jadi hidangan yang lezat.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba dalam mengolah kale. Selain untuk salad, kale bisa diolah menjadi hidangan yang menggugah selera dengan cara memasak yang tepat. Selengkapnya, langsung simak uraiannya di sini.

1. Dipanggang Menjadi Keripik

Kale bisa diolah jadi keripik. Melansir thekitchn.com, kita bisa memanggang kale menjadi keripik yang bisa disimpan dalam beberapa hari. Kunci untuk membuat keripik kale yang renyah adalah dengan membuang bagian batang atau bagian tengahnya. Dengan begitu, saat dipanggang, kale bisa benar-benar krispi.

2. Dikukus selama 10 Menit

Ragam sayuran bisa diolah dengan cara dikukus, tak terkecuali sayur kale. Kale bisa dikukus selama 10 menit untuk kemudian dikonsumsi sesuai selera. Uap air dalam proses pengukusan bisa membuat tekstur kale lebih lunak tanpa merusak rasanya.

 

3. Ditumis dengan Diblansir Terlebih Dahulu

Resep Tumis Kale Sederhana
Ilustrasi Resep Tumis Kale/copyright By Brent Hofacker from Shutterstock

Kale juga bisa diolah dengan cara ditumis. Untuk menghilangkan rasa pahitnya, kale perlu diblansir terlebih dahulu. Caranya, didihkan air di panci. Masukkan garam secukupnya. Lalu masukkan daun kale dalam air mendidih. Setelah cukup layu, segera tiriskan dan dicelupkan ke wadah berisi air es. Baru kemudian kale bisa diolah dengan cara ditumis.

4. Dibuat Jus atau Smoothies

Kale bisa diolah jadi minuman jus atau smoothies. Untuk menetralisir rasa getir pada kale, tambahkan buah-buahan dengan cita rasa segar, seperti buah nanas atau apel pada jus atau smoothies yang akan dibuat.

Sekarang sudah tidak bingung lagi kan dalam mengolah sayur kale? Semoga informasinya bermanfaat, ya.

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓