Sukses

Lifestyle

Ini 4 Makanan yang Buruk untuk Kesehatan Ginjal

Fimela.com, Jakarta Ginjal adalah salah satu organ yang bekerja paling keras di dalam tubuh. Setiap hari, ginjal menyaring kotoran dari darah, menghilangkan limbah di dalam tubuh, menghasilkan hormon, dan menyeimbangkan cairan. Tanpa ginjal, kamu akan sulit bertahan hidup. Oleh karena itu, penting untuk menjaga dan merawat ginjalmu agar tetap sehat.

Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah menerapkan pola makan yang sehat. Melansir dari thelist.com, berikut beberapa makanan yang akan mempengaruhi kesehatan ginjal yang sebaiknya dihindari.

Daging olahan

Kamu mungkin sudah tahu bahwa daging seperti bacon, hot dog, pepperoni, dan sosis jauh lebih tidak sehat daripada daging alami. Daging olahan biasanya mengandung pengawet dalam jumlah besar dan kadar garam yang tinggi sehingga dapat mempengaruhi kesehatan ginjal.

Terlebih lagi, daging apa pun yang diproses atau tidak, tinggi akan protein. National Kidney Foundation menjelaskan bahwa protein hewani menghasilkan asam tingkat tinggi dalam darah yang dapat membahayakan ginjal jika dikonsumsi berlebihan. Lebih baik, kamu perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang sangat penting untuk kesehatan ginjal. 

Makanan sehat yang buruk bagi kesehatan

Alpukat

Tentu saja tidak semua buah-buahan atau sayuran bagus untuk ginjal. Alpukat mungkin mengandung lemak, antioksidan, dan serat yang sehat tetapi mereka juga cukup tinggi potasium yang dapat membahayakan kesehatan ginjal.

Sementara potasium biasanya merupakan hal yang baik namun tidak untuk ginjal. Ginjal yang rusak tidak dapat menghilangkan kalium berlebih dari darah, sehingga dapat menimbun ke tingkat yang berpotensi lebih berbahaya.

Roti gandum

Roti gandum memang jauh lebih sehat dari roti tawar biasa tetapi tidak dalam semua kasus. Jika memiliki penyakit ginjal, kamu benar-benar harus berhati-hati dengan pilihan roti. Semakin banyak biji-bijian yang terkandung di dalamnya, semakin tinggi juga kadar potasium dan fosfornya.

Fosfor dan potasium adalah mineral yang tidak bisa dihilangkan oleh ginjal yang sedang bekerja. Konsumsi fosfor harus dibatasi hingga 1.000 mg per hari, sedangkan kalium dan natrium harus dibatasi hingga 2.000 mg per hari.

Kacang-kacangan

Jika kamu penderita batu ginjal, sebaiknya hindari kacang-kacangan. Makanan ini memiliki kandungan mineral bernama oxalate yang ditemukan pada banyak batu ginjal.

Jika kamu bukan merupakan penderita batu ginjal, waspadai makanan yang mengandung oxalate. Di antanya, bayam, bit, keripik kentang, kentang goreng, dan bran flakes.

Itulah beberapa makanan yang harus kamu hindari untuk menjaga ginjal agar tetap sehat. Semoga bermanfaat, Sahabat Fimela.

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading