Sukses

Lifestyle

Tutup Mata dan Telinga Sebentar, Bantu Tenangkan Pikiranmu

Fimela.com, Jakarta Saat pikiran terasa penuh dan hati tidak tenang, rasanya benar-benar stres. Saat sedang stres dan pikiran tak tenang, kita pun akan merasa sangat gelisah. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah melakukan teknik pernapasan untuk relaksasi.

Melansir 6 Relaxation Techniques to Calm Your Busy Mind via lifehack.org, salah satu teknik untuk rileks adalah dengan menutup mata dan telinga lalu fokus mengatur pernapasan. Cara ini bisa kita lakukan di mana pun dan kapan pun saat dibutuhkan. Bagaimana cara melakukannya? Simak uraiannya di sini.

 

Fokus pada Pernapasan

Cari tempat yang paling nyaman untukmu. Posisikan tubuh senyaman mungkin. Ada baiknya cari tempat yang cukup hening agar membantumu lebih berkonsentrasi. Berikut empat langkah mudah untuk melakukannya:

1. Tarik napas dalam perlahan-lahan.

2. Pejamkan mata. Tutup telinga dengan telapak tanganmu.

3. Dengarkan suara yang ada di dalam kepalamu saat telingamu ditutup.

4. Fokus pada tarik dan hembuskan hapas dengan dalam serta perlahan-lahan.

Tarik dan hembuskan napas sebanyak sepuluh kali. Lakukan lagi bila masih belum bisa merasakan efek rileks. Pelan-pelan saja untuk mendapatkan manfaatnya.

Dengan menutup telinga, teknik relaksasi ini bisa membantu kita fokus pada batin dan benak kita. Mencegah gangguan atau saura dari luar mengganggu kita. Dengan mengisolasi suara selama beberapa waktu dan fokus pada pernapasan, kita bisa merasa lebih tenang dalam setiap hembusan napas kita.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading