3 Cara Sederhana Ini Tips Efektif Hilangkan Bau Tanah pada Ikan

Febi Anindya Kirana16 Feb 2020, 13:15 WIB
ikan mentah segar

Fimela.com, Jakarta Terkadang ketika membeli ikan di pasar, kita tidak bisa membedakan mana ikan yang bau tanah saat sudah dimasak dan mana yang tidak. Beberapa orang yang memiliki lidah sensitif bisa merasakan ikan yang bau tanah dan tidak, dan seringkali ikan dengan daging rasa tanah tidak begitu disukai.

Bau tanah ini lebih sering terjadi pada ikan air tawar seperti pada ikan mujair, gurame, mas, bandeng dan lainnya. Tapi bagaimana cara mencegah ikan bau tanah sedangkan kita tidak tahu mana yang akan bau tanah dan tidak? Tipsnya adalah pada saat membersihkannya.

1. Rendam jeruk nipik atau lemon

Saat membersihkan ikan, seperti membuang isi perut dan sisiknya, cuci bersih ikan di bawah air mengalir. Lalu lumuri ikan dengan air jeruk nipis atau lemon secukupnya. Pastikan melumurinya secara merata, bahkan di bagian tubuh yang tersembunyi seperti kepala dan bagia dalam perut. Diamkan paling tidak selama 30 menit atau lebih. Setelah itu bilas bersih di bawah air mengalir.

2. Rendam garam

Ikan Segar
Ilustrasi/copyright unsplash.com/Jeremy Stewart

Cara kedua untuk menghilangkan bau tanah adalah melumuri ikan dengan garam. Setelah dibersihkan, lumuri ikan dengan garam secukupnya hingga bagian yang tersembunyi, agak banyak agar bau tanah hilang. Tidak masalah jika nantinya ikan akan terasa asin. Setelah didiamkan selama 30 menit lebih, bilas bersih dan siap diolah.

3. Digoreng

Agar bau tanah tidak terasa, cara paling tepat memasaknya adalah dengan cara digoreng. Daripada dikukus, dibakar atau dimasak kuah yang justru semakin menguatkan bau tanah, rendam ikan dengan bumbu dan goreng garing hingga matang.

Itu dia sekian cara menghilangkan bau tanah pada ikan air tawar. Silahkan mencobanya di rumah, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓