Ini 5 Cara agar Makanan Tidak Dihinggapi Lalat di Rumah

Febi Anindya Kirana15 Feb 2020, 14:45 WIB
lalat makanan

Fimela.com, Jakarta Menjengkelkan sekali jika sedang enak-enaknya masak aau makan di rumah tiba-tiba ada lalat yang datang. Lalat bukan hanya menjadi hewan yang bisa membawa bakteri dari mana saja tapi juga menyebarkan penyakit berbahaya.

Tentu kita tak ingin makanan terkontaminasi dan kotor karena dihinggapi lalat, tapi tidak mungkin kita menyemprot obat serangga jika ada makanan. Ini cara alami agar makanan tidak dihinggapi lalat.

1. Jeruk lemon dan cengkeh

Sediakan jeruk lemon dan cengkeh. Cukup belah lemon dan tusuk-tusuk bagian tengahnya dengan cengkeh. Cara unik ini ternyata bisa mengusir lalat karena lalat tidak suka kombinasi aroma jeruk lemon dan cengkeh yang kuat. Jika tidak ada lemon bisa diganti dengan jeruk nipis.

2. Kayu manis

lalat hinggap di makanan
photo copyright by Barnaby Chambers (Shutterstock)

Bubuk kayu manis bisa dicampurkan dengan air lalu disemportkan di sekitar makanan dan ruangan agar lalat pergi. Cara sederhana ini bisa dilakukan kapan saja. Cukup tutupi makanan lebih dulu dengan tisu atau penutup lalu semprot secukupnya di sekitar makanan.

3. Serai

Batang serai juga memiliki aroma kuat yang bisa mengusir lalat. Cukup memarkan, campur air hangat dan semprotkan di sekitar makanan.

4. Air bungkus plastik

Cara ini juga unik sekaligus efektif mengusir lalat karena ternyata penglihatan lalat akan kabur jika melihat air yang dibungkus plastik bening. Caranya mudah, isi plastik dengan air secukupnya, bisa juga menambahkan satu buah cabai di dalamnya, ikat kuat dan taruh di meja makan dekat makanan.

5. Menyalakan lilin

Cara Mengusir Lalat Secara Alami
Cara Mengusir Lalat Secara Alami (sumber: istockphoto)

Karena lalat rentan dengan hawa panas dan cahaya, nyalakan lilin di sekitar makanan agar tidak dihinggapi lalat. Akan lebih baik menggunakan lilin biasa, tapi jika sekaligus ingin membuat ruangan wangi, bisa juga menggunakan lilin aromaterapi.

6. Tudung saji

Ini cara paling sederhana yang bisa diterapkan. Beli tudung saji yang besar dan tutupi makanan dengan benda ini agar tidak dihinggapi lalat dan agar makanan tidak terkena udara bebas yang membawa debu.

Itu dia sekian cara mengusir lalat sekaligus mencegah lalat hinggap di makanan.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓