3 Cara Membuat Keripik Kentang yang Garing dan Renyah

Endah Wijayanti15 Feb 2020, 12:45 WIB
keripik kentang

Fimela.com, Jakarta Ingin membuat keripik ketang yang garing dan renyah? Bila selama ini kita selalu gagal dalam membuat keripik kentang yang kriuk, mungkin ini saatnya untuk mencoba cara yang berbeda.

Ada tiga tips mudah yang bisa dicoba untuk membuat keripik kentang yang renyah. Kita bisa memilih salah satu di antaranya yang menurut kita paling mudah untuk langsung dicoba. Selengkapnya, simak uraian tipsnya di bawah ini.

1. Menggunakan Baking Powder

Untuk 500 gram kentang, kita bisa menggunakan 1 sdt garam dan 1 sdm baking powder. Cara membuatnya, kentang yang sudah diiris tipis direndam dalam baskom berisi air, garam, dan baking powder. Rendam selama kurang lebih satu jam. Setelah itu, kentang perlu dicuci sampai bersih. Setelah ditiriskan, kentang bisa langsung digoreng.

 

2. Menggunakan Cuka

Keripik kentang
ilustrasi/copyright shutterstock.com

Cuka bisa digunakan untuk membuat keripik kentang yang renyah. Irisan kentang direndam dengan air yang sudha diberi cuka. Rendam selama 10 menit, bilas dengan air bersih. Ganti air rendaman yang diberi garam. Rendam selama 5 menit, tiriskan. Lalu goreng hingga kecokelatan.

3. Menggunakan Air Kapur Sirih

Siapkan kapur sirih yang sudah dilarutkan dengan air secukupnya. Kentang yang sudah diiris tipis bisa direndam dala air yang diberi air kapur sirih. Rendam selama sekitar 30 menit. Cuci bersih dengan air mengalir, lalu tiriskan. Kentang siap digoreng.

Untuk menghasilkan tekstur kentang yang lebih renyah, proses penggorengan bisa dilakukan dua kali. Bila memungkinkan, kita bisa menyiapkan dua wajan di dua kompor. Setelah kentang digoreng setengah matang di wajan pertama, bisa langsung dipindahkan ke wajan kedua untuk digoreng sampai matang.

Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓