Tips agar Tetap Produktif Meskipun Bekerja dari Rumah

Gayuh Tri Pinjungwati15 Feb 2020, 18:15 WIB
remote working

Fimela.com, Jakarta Memasuki era modern membuat sebagian besar orang dapat melakukan kerjaan apapun sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Banyak perusahaan-perusahaan kreatif yang menyediakan lowongan kerja dengan berbagai divisi. Hal ini memberikan peluang besar untuk anak muda mulai mengeksplor dirinya untuk memilih pekerjaan sesuai dengan passionnya.

Banyak jenis pekerjaan saat ini mulai kerja paruh waktu atau sering disebut dengan freelance ada juga kerja sistem remote. Remote working yaitu mengerjakan pekerjaan dirumah, tanpa harus datang ke kantor. Terlihatnya menyenangkan, hanya duduk menghadap laptop dirumah bisa menghasilkan gaji. Jangan salah, kerja remote juga sedikit rumit. Nah, berikut ini beberapa tips agar tetap produktif meskipun bekerja dari rumah.

Buat Jadwal

Mengambil remote working membuatmu melakukan pekerjaan dirumah. Meskipun terdengar menyenangkan, namun ini adalah hal yang sulit untukmu. Bekerja dirumah membuatmu lebih leluasa melakukan apapun di sela-sela kerjaan. Jika ini dilakukan terus-menerus dapat mengganggu hasil dari pekerjaanmu, mungkin saja akan molor dari deadline. Usahakan untuk membuat jadwal bekerja, patuhi semua jadwal yang telah dibuat.

Tentukan Waktu Produktifmu

Waktu produktif tiap orang tentunya berbeda-beda. Ada yang lebih produktif dan fokus di pagi hari, ada juga yang lebih produktif di malam hari untuk memulai pekerjaannya. Dengan adanya waktu produktif, seharusnya dirimu dapat menentukan waktu produktif untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Jika sudah menemukan waktu produktif, lakukan secara rutin supaya kamu terbiasa dengan waktu tersebut.

Sediakan Meja Kerja

remote working
Ilustrasi/copyrightshutterstock/sutadimage

Remote working yang dilakukan di rumah, tidak serta merta membuatmu kerja di sembarang tempat, misalnya di atas kasur, atau di ruang tamu. Sebaiknya tentukan meja kerja yang nyaman untuk bekerja. Mungkin saja dapat menyisipkan meja kecil dan kursi yang nyaman di kamar.

Lakukan Komunikasi

Kerja remote yang dolakukan di rumah membuatmu harus lebih sering melakukan komunikasi dengan tim dengan menggunakan teknologi. Usahakan untuk komunikasi lebih lancar supaya kerjaan tetap berjalan dengan baik. Gunakan aplikasi kirim pesan seperti WhatsApp, Google Chatting dan aplikasi pengirim pesan lainnya yang mendukung.

Meskipun remote working dilakukan di rumah, tetap kerjakan pekerjaan sesuai dengan target. Lakukan semaksimal mungkin, dengan begitu perusahaan dapat memercayaimu. Yang terpenting adalah dapat mengatur waktu dengan baik supaya kerjaan tidak terbengkalai.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓