Manfaat Membaca Buku saat Malam Hari Sebelum Tidur

Gayuh Tri Pinjungwati15 Feb 2020, 19:15 WIB
membaca

Fimela.com, Jakarta Membaca buku adalah kegiatan yang dapat menambah pengetahuan seseorang. Selain untuk menambah pengetahuan, membaca buku dapat melatih otak bekerja dengan maksimal. Dengan membaca juga dapat melatih kita untuk lebih konsentrasi.

Membaca buku memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Terlebih jika membaca dilakukan di malam hari sebelum tidur. Malam sebelum tidur adalah waktu yang baik untuk membaca buku. Berikut ini beberapa manfaat membaca buku di malam hari sebelum tidur.

Melatih Otak

Membaca buku adalah kegiatan yang memberikan banyak manfaat, selain menambah pengetahuan juga memiliki manfaat untuk kesehatan otak. Salaha satunya untuk melatih otak, dengan membaca otak akan lebih aktif untuk mencermati setiap kata dan kalimat.

Mepertajam Daya Ingat

Ketika malam hari otak akan bekerja lebih keras. Ketika semua anggota tubuh beristirahat, maka semua energi terfokus pada otak, ini sangat bagus dilakukan untuk belajar atau membaca. Bila kegiatan tersebut dilakukan dapat melatih daya ingta semakin tajam.

Mengurangi Stres

membaca
Ilustrasi/copyrightshutterstock/zjuzjaka

Lelah disibukkan dengan aktivitas sehari-hari dengan beban pekerjaan yang banyak, membuatmu merasa stres. Bahkan ketika hendak tidur, mungkin masih terpikirkan dengan masalah yang akan mengganggu tidur malam. Untuk mengurangi rasa stres tersebut dapat dilakukan dengan membaca buku sebelum tidur. Hal ini dapat mengalihkan pikiranmu tentang pekerjaan yang membuat stres.

Mencegah Pikun

Membaca tidak hanya dilakukan oleh kaula muda saja, namun sebagian besar orang yang memasuki usia senja pun masih melakukan kegiatan membaca. Membaca buku dapat mencegah pikun. Dikarenakan otak akan lebih aktif untuk mengingat. Mulai sekarang latih diri untuk membaca. Tidak dengan buku bahasan berat, namun semua dapat dibaca mulai dari majalah, koran, atau novel.

Kegiatan yang cukup menarik, selain mendapatkan ilmu juga memberikan kesehatan untuk tubuh terutama otak. Jadi jangan bermalas-malasan untuk membaca, daripada melakukan kegiatan yang tidak mermanfaat, terlebih dilakukan di malam hari sebelum tidur. Tetap perhatikan saat membaca, jangan lakukan dengan tidur, karena membaca sambil tidur dapat membuat sakit mata.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓