Cek Makanan dan Camilan yang Membantu Meningkatkan Energi

Fimela Editor24 Feb 2020, 11:00 WIB
makanan sehat

Fimela.com, Jakarta Ngemil makanan ringan dapat membantu menjaga dan meningkatkan metabolisme tubuhmu selagi itu merupakan camilan yang sehat. Tidak hanya membantu meningkatkan metabolisme tubuh, makanan ringan juga dapat mengingkatkan energi.

Kamu membutuhkan camilan yang penuh dengan revitalisasi nutrisi untuk mendapatkan semua khasiat itu. Melansir dari shape.com, berikut beberapa makanan ringan pengganti camilanmu yang mungkin tidak sehat untuk membantu meningkatkan energi.

Pisang dan apel

Buah-buahan ini penuh dengan vitamin C, antioksidan, dan serat. Selain itu, pisang dan apel dipercaya dapat memberikan energi yang baik. Mineral dan karbohidrat yang terkandung di dalamnya dapat memulihkan energi dengan sangat cepat. Jika tidak menyukai pisang atau apel, kamu bisa coba menggantinya dengan buah beri yang rendah gula.

Yogurt dan sereal

Kamu dapat memakan yogurt sebelum olahraga atau ketika sudah terlalu lapar namun waktu makan malam masih lama. Taburkan beberapa sereal renyah di atas yogurt untuk camilan berenergi yang akan menahan rasa laparmu. Protein yang terkandung di dalam yogurt dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Tentunya, makanan ini juga merupakan alternatif santapan yang bagus untuk dietmu.

Popcorn

Popcorn adalah camilan yang hebat karena kamu mendapatkan banyak volume dan serat yang dapat membuat perut terasa kenyang. Popcorn adalah gandum utuh sehingga lebih sehat daripada camilan seperti pretzel. Terlebih lagi, jika kamu memilih popcorn yang rendah lemak dan rendah kalori ini akan menjadi camilan sehat yang dapat meningkatkan energi. Kamu bisa menambahkan bumbu atau topping yang rendah kalori agar menjaga makanan ringanmu tetap sehat.

 

Almond dan Kenari

makanan sehat
Ilustrasi/copyrightshutterstock/chomplearn

Kacang almond dan kenari

Selain makanan-makanan di atas, kacang almond dan kenari juga dapat membantu meningkatkan energi. Kacang almond dan kenari dikemas dengan serat dan lemak sehat yang dapat membuatmu kenyang. Tidak hanya itu, kacang almond dan kenari juga kaya akan nutrisi seperti selenium, vitamin E, dan omega-3.

Keripik kacang kedelai

Keripik kacang kedelai juga merupakan salah satu makanan ringan yang dapat membantu meningkatkan energi. Rasanya yang asin dan teksturnya yang renyah menjadikannya camilan kesukaan semua orang. Dengan sekitar lima gram protein per sajian, keripik kacang kedelai memiliki daya tahan yang lebih banyak dari sekantong keripik atau pretzel biasa.

Paprika merah dan hummus

Baik sayuran maupun hummus keduanya adalah camilan energi yang lengkap. Jadi ketika digabungkan, mereka adalah duo yang tak terkalahkan. Buat makanan ringanmu sendiri dengan paprika merah, zucchini, jamur, kacang polong gula, dan asparagus mentah untuk dosis karbohidrat, serat, dan vitamin yang baik untuk tubuhmu. Campurkan dengan satu sendok hummus untuk menambahkan beberapa protein yang dapat meningkatkan daya tahan camilan.

Nah, itu dia beberapa makanan ringan yang dapat membantu meningkatkan energi tubuhmu. Selamat mencoba, Sahabat Fimela.

(Raffinda Eki Puspitasari) 

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓