6 Makanan Lezat yang dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Fimela Editor21 Feb 2020, 08:00 WIB
Ilustrasi makanan bergizi

Fimela.com, Jakarta Kebanyakan orang di dunia memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Banyak dari mereka yang bertanya-tanya bagaimana cara menurunkannya. Sebenarnya, menurunkan lipoprotein densitas rendah (LDL) atau kolesterol jahat bisa semudah meningkatkan asupan serat dan menukar daging merah, keju, dan es krim untuk makanan yang sama enaknya.

Melansir dari shape.com, berikut beberapa makanan yang dapat menurunkan kolesterol khusus untuk kamu. Bagi kalian yang berkolesterol tinggi, patut untuk mencobanya dan hindari makan makanan yang tidak sehat.

Alpukat

Menurut studi dalam Journal of the American Heart Association, konsumsi alpukat setiap hari dapat menurunkan LDL sebesar 13,5 mg/dL. Tidak seperti makanan lain yang menurunkan kolesterol, alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang dapat digunakan sebagai pengganti lemak jenuh yang meningkatkan LDL. Alpukat juga kaya akan serat makanan dan sterol tumbuhan yang dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Stroberi

Buah beri mungkin harganya sangat mahal tetapi seratnya yang tinggi memberi mereka sifat penurun LDL yang menjadikannya tambahan cerdas untuk diet apa pun. Terlebih lagi, para peneliti dari Italia dan Spanyol percaya anthocyanin dalam stroberi juga dapat menurunkan kolesterol jahat.

Menurut studi Journal of Nutritional Biokimia, ketika orang makan dua cangkir stroberi sehari selama 30 hari, kadar LDL mereka turun 13,72 persen, sementara HDL atau kolesterol baik, kadarnya tetap tidak berubah. Francesca Giampieri, Ph.D., peneliti postdoctoral di Marche Polytechnic University mengatakan bahwa satu cangkir atau sekitar delapan buah stroberi akan memberikan manfaat penurun kolesterol yang menakjubkan.

Jeruk bali

Selain alpukat dan stroberi, jeruk bali juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Satu studi dari Israel menemukan bahwa partisipan yang makan jeruk bali dengan makanan seimbang selama 30 hari berturut-turut akan menurunkan kadar lemak darah mereka. Shela Gorinstein, Ph.D., kepala ilmuwan di Hebrew University of Jerusalem mengatakan, antioksidan dalam jeruk bali dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan.

 

Oatmeal

makanan sehat
ilustrasi perempuan dengan sayuran/copyright by Vasin Lee on Shutterstock

Secara umum, makanan yang menurunkan kolesterol biasanya tinggi serat. Kamu diharuskan mengkonsumsi setidaknya 5 hingga 10 gram serat sehari. Satu cangkir oatmeal yang sudah dimasak akan memberikan sekitar 6 gram serat. Kamu bisa menambah pisang dan beri ke dalam oatmeal untuk tambahan serat dan protein.

Kacang kenari

Berbicara tentang topping oatmeal, kamu juga dapat menambahkan beberapa kacang kenari atau almond. Keduanya dapat menghancurkan kolesterol jahat dengan lemak tak jenuh ganda yang terkandung di dalamnya tetapi kacang walnut yang lebih baik karena dapat menjaga pembuluh darahmu tetap sehat.

Ikan salmon

Salmon dikenal sebagai pembangkit tenaga yang kaya akan omega-3. Siapa sangka, ternyata salmon juga dapat menurunkan kolesterol. Ganti daging merah dengan porsi ikan berlemak 3 hingga 4 ons dua hingga tiga kali seminggu. Jika tidak menyukai salmon, kamu dapat mencoba jenis ikan lainnya, seperti makarel, trout, herring, sarden, tuna albacore, dan halibut. Dengan mengkonsumsi ikan, kamu tidak hanya akan menghilangkan kolesterol jahat tetapi juga menurunkan senyawa lemak yang disebut trigliserida.

Itulah beberapa makanan lezat yang dapat membantu kamu menurunkan kadar kolesterol. Semoga bermanfaat, Sahabat Fimela.

Lanjutkan Membaca ↓