Minum Air Madu Hangat, Simak 5 Manfaat Terbaiknya untuk Tubuhmu

Endah Wijayanti17 Feb 2020, 12:14 WIB
air madu

Fimela.com, Jakarta Madu memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kita. Minum segelas air hangat dicampur madu secara rutin pun bisa memberi manfaat istimewa untuk tubuh. Air madu hangat bisa menjadi sahabat terbaikmu untuk mengawali hari.

Melansir 9 Benefits of Honey Water You Never Knew via lifehack.org, minum air madu dapat bantu menurunkan berat badan. Kandungan gula dalam madu adalah gula alami yang dapat menjadi sumber kalori sehat. Dengan minum air madu hangat, kita akan terbantu untuk mengendalikan keinginan mengonsumsi makanan atau minuman berpemanis lainnya. Kita akan dicegah untuk mengonsumsi gula berlebihan. Selain itu, ada beberapa manfaat sehat lain yang bisa didapat dari minum air madu hangat.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Madu memiliki kandungan untuk melindungi tubuh dari bakteri. Madu murni dan organik mengandung banyak enzim, vitamin, dan mineral yang dapat menjaga tubuh dari serangan bakteri. Kandungan antioksidan pada madu dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Kekebalan tubuh pun jadi meningkat.

2. Meningkatkan Energi

Ingin mengawali hari dengan minuman sehat yang dapat meningkatkan energi tubuh? Coba minum segelas air madu hangat. Kandungan gula alami dan karbohidrat pada madu dapat menjadi sumber energi yang efektif. Jika selama ini kita terlalu bergantung pada kopi untuk membuat kita merasa lebih terjaga dan berenergi, cobalah untuk menggantinya dengan air madu hangat.

3. Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

madu
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Goskova Tatiana

Madu dan air hangat dapat membantu membuang racun dari dalam tubuh. Kandungan madu dapat menjaga sistem pencernaan dengan lebih baik dan membantu kita bisa lebih rutin buang air besar. Dari hal tersebut, air madu hangat dapat bantu membuang racun-racun dari tubuh. Membantu proses detoksifikasi tubuh. Kita juga bisa menambahkan air perasan lemon untuk memaksimalkan fungsi enzim dan mendapatkan manfaat sehatnya.

4. Meredakan Radang Tenggorokan

Melansir Mayo Clinic, minum air madu hangat dapat mengatasi radang dan iritasi sakit tenggorokan. Bagi yang memiliki gejala batuk, minum air madu hangat dapat bantu segera menyembuhkannya.

5. Meredakan Perut Kembung

Perut terasa kembung dan tidak nyaman? Coba minum segelas air madu hangat. Madu dapat membantu menetralkan gas dalam perut. Selain itu, air madu hangat juga dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi.

Bagi yang ingin mencoba membangun pola makan yang sehat, bisa dimulai dengan minum air madu hangat secara rutin. Semoga info ini bermanfaat dan dapat membantu menentukan minuman sehat yang baik untuk dikonsumsi rutin.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓