5 Bahan Makanan yang Tidak Disadari Ternyata Sudah Kadaluwarsa

Vinsensia Dianawanti19 Feb 2020, 11:30 WIB
Bahan Makanan

Fimela.com, Jakarta Memilah bahan makanan di rumah perlu dijadikan sebagai salah satu rutinitas. Dengan demikian kamu bisa memeriksa mana bahan makanan yang layak makan dan sudah kadaluwarsa.

Tanpa kita sadari, sebenarnya ada beberapa bahan makanan yang sudah kadaluwarsa, seperti dilansir dari Real Simple pada Rabu (19/2/2020). Kamu bisa mengidentifikasinya melalui tanggal kadaluwasa, bau, tekstur, dan warna bahan makanan tersebut.

Penasaran bahan makanan apa saja yang kemungkinan sudah kadaluwarsa?

1. Rempah-rempah

Ketumbar dan jintan yang sudah lama memang tidak akan membuat tubuh keracunan. Hanya saja mereka akan kehilangan rasa. Rasa dari rempah-rempah tersebut akan tergradasi karena udara. Untuk itu, disarankan untuk membeli rempah dalam jumlah secukupnya.

2. Makanan beku

Karena dibekukan mungin kita berpikir bahwa bahan makanan seperti ham, daging, dan sosis bisa disimpan selama berminggu-minggu. Namun rupanya, daging memiliki kesegaran yang optimal selama tiga hari setelah pembelian. Selanjutnya, daging memang masih aman untuk dikonsumsi namun sudah tidak segar. Jika menemukan jamur, lendir, hingga bau tidak sedap sebaiknya dibuang.

 

3. Bawang putih

bawang putih
ilustrasi bawang putih/copyright Rawpixel

Bawang putih harus disimpan di tempat yang kering, dingin, dan jauh dari jangkauan matahari. Bawang putih utuh akan bertahan hingga enam bulan. Siung bawang putih yang tidak dikupas baik digunakan untuk tiga minggu. Sementara siung bawang putih yang sudah dikupas hanya bertahan satu minggu. Jika sudah dicincang, ia akan bertahan hanya dalam beberapa jam.

4. Mayones

Menurut USDA, mayones hanya aman dikonsumsi selama dua bulan setelah wadah dibuka. Meski tertera tanggal kadaluwarsa, itu berlaku selama toples belum pernah dibuka.

5. Roti

Roti menjadi salah satu bahan makanan yang umurnya singkat. Meski tertera tanggal kadaluwarsa, terkadang sudah muncul jamur atau bercak hitam pada roti. Jika sudah muncul tanda demikian, lebih baik buang roti tersebut.

Simak video berikut ini

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓