Selebtwit sekaligus Financial Planner Beberkan Tips untuk Tidak Boros

Anisha Saktian Putri19 Feb 2020, 12:30 WIB
Perempuan fearless yang cerdas mengatur keuangan

Fimela.com, Jakarta Di zaman sekarang ini, yang apa-apa serba mudah, masyarakat punya kebiasaan baru seperti delivery online makanan yang membuat para istri lupa mudahnya masak sendiri. Membeli makanan di luar tentu membuat pengeluaran keuangan semakin meningkat.

Seorang financial planner, Ligwina Hananto membuat thread di twitternya mengenai #MasakSendiriPangkalKaya. Menurutnya, bila membuat perhitungan dalam sehari, sekali makan mengeluarkan uang dua puluh ribu rupiah. Jika yang makan ada tiga orang yaitu ayah, ibu dan anak. Maka pengeluaran sehari bisa mencapai seratus delapan puluh ribu rupiah untuk tiga kali makan.

Belum lagi biaya antarnya. Bayangin jika masak sendiri, uang tersebut sudah bisa dibelikan bermacam lauk, selain lebih bernutrisi, sisa uangnya nanti bisa ditabung.

"Memang panggil delivery itu praktis. Tapi itu yang membuatmu susah nabung tapi pengeluaran keuangan semakin meningkat. Padahal, udah banyak contoh orang-orang yang pangkas pengeluaran rutin hanya dengan masak," ujarnya dalam thread tersebut.

Resep Sapi Lada Hitam

resep Sapi Lada Hitam/Twitter @Ligwina Hananto
resep Sapi Lada Hitam/Twitter @Ligwina Hananto

Di dalam thread tersebut, Ligwina membagikan resep andalan yang disukai oleh keluarganya. Resep tersebut adalah resep Sapi Lada Hitam.

Bahan:

Daging sapi, bawang bombay,  SAORI lada hitam,  paprika hijau dan merah,  2 sdm minyak goreng.  

Cara buat: potong dadu daging sapi dan paprika.  Iris bawang bombay,  tumis daging sapi hingga berubah warna,  masukkan bawang bombay dan paprika,  masukkan SAORI lada hitam. 

Total harga bahan makanan di pasar: Rp120.000

Kalau makan di resto Rp240.000

Hemat Rp120.000  1 weekend.

Dalam 4 minggu = Rp480.000

Dalam 40 minggu = Rp4.800.000.

"Asli bisa buat jalan-jalan kan duit segitu," paparnya.

 

#Changemakers

Lanjutkan Membaca ↓