Cara Mengeringkan Belimbing Wuluh untuk Dijadikan Asam Sunti

Endah Wijayanti18 Feb 2020, 08:15 WIB
asam sunti

Fimela.com, Jakarta Belimbing wuluh bisa digunakan untuk aneka olahan dan masakan. Bisa digunakan untuk olahan sayur hingga pepes. Namun, bila stok belimbing wuluh banyak dan takut keburu busuk sebelum sempat diolah, coba keringkan.

Belimbing wuluh yang dikeringkan juga dikenal dengan sebutan asam sunti. Asam sunti bisa digunakan sebagai bahan masakan untuk aneka olahan. Mulai dari untuk telur orak-arik hingga ragam tumisan. Membuat asam sunti pun tidaklah sulit.

1. Pilih Buah Belimbing Wuluh Segar

Pilih belimbing wuluh yang masih utuh dan segar. Semakin baik kualitasnya, maka nanti ketika dikeringkan hasilnya pun agak bagus. Cuci bersih, lalu buang bagian kelopak pada buahnya.

2. Taburi Garam

Siapkan tampah. Buah belimbing yang sudah ditiriskan bisa langsung dihamparkan di atasnya. Lalu taburi garam.

 

 

3. Jemur Selama Tiga Hari

garam
ilustrasi garam/Photo by Lorena Martínez from Pexels

Belimbing wuluh yang sudah digarami dijemur di bawah terik matahari selama sekitar tiga hari. Usahakan mendapat panas matahari yang cukup supaya bisa benar-benar kering.

4. Tambahkan Garam, Lalu Jemur Kembali

Tambahkan garam dan taburkan pada belimbing wuluh merata. Jemur kembali selama 3-4 hari. Setelah kering, asam sunti bisa disimpan di dalam wadah atau stoples kaca.

Asam sunti bisa disimpan dan dijadikan stok untuk waktu yang cukup lama. Sebagai bagian dari bumbu dapur, asam sunti bisa kita campurkan ke aneka masakan atau hidangan sesuai kebutuhan.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓