Berikuta Duka Datang dari Asraf Sinclair, Kenali Ciri-Ciri Awal Terjadinya Serangan Jantung

Anisha Saktian Putri18 Feb 2020, 11:30 WIB
kesehatan

Fimela.com, Jakarta Kabar duka datang dari keluarga penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL), sang suami Ashraf Sinclair meninggal dunia pada Selasa (18/2/2020) diduga karena serangan jantung.

Serangan jantung yang terjadi tiba-tiba, dikenal sebagai penyakit silent heart attack. Bahakan, data statislik dunia, ada 9,4 juta kematian setiap tahun yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler dan 45 persen kematian tersebut disebabkan oleh penyakit jantung koroner (PJK).

Dan World Health Organization memperkirakan angka tersebut akan meningkat hingga 23,3 juta pada tahun 2030. PJK ini jika tidak tertangani dengan baik dapat memicu beberapa komplikasi yang berakibat fatal, di antaranya serangan jantung.

Dokter Spesialis Penyakit Jantung dart Pembuluh Darah RS Metropolitan Medical Centre (MMC) Dr. dr. Eka Ginanjar, SpPD, KKV, FINASIM, FACP, FICA, MARS mengatakan Untuk mengenali serangan jantung itu terdapat cirinya, yakni nyeri dada yang biasanya terasa di bagian tengah atau kanan atau kiri atau ulu hati.

Dapat terjadi lebih dari 15 menit atau lebih, rasanya seperti tertindih benda berat, atau dada seperti terikat, disertai penjalaran ke lengan kiri atau kadang-kadang kanan, leher, rahang, disertai keringat dingin, mual, muntah, sesak, lemah melemah, pingsan, dan kejang.

"PJK merupakan kondisi pembuluh darah jantung (arteri koroner) tersumbat oleh timbunan lemak. Jika lemak semakin menumpuk akan mempersempit arteri dan akibatnya aliran darah ke jantung menjadi berkurang," paparnya kepada Fimela.com

Pencegahan serangan jantung

Serangan Jantung
Ilustasi serangan jantung/copyright shutterstock Johny

Walau Serangan jantung memang terjadi tiba-tiba, namun masih bisa dapat dicegah. Seperti memperbanyak konsumsi lemak tak jenuh dan serat.

Berolahraga teratur, menghindari minum alkohol, diet seimbang, mengelola stres dengan baik. Bagi pengidap diabetes dan hipertensi perlu lebih berhati-hati.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓