Jangan Memaksakan Tubuh Olahraga Berlebih, Ini Sinyal Saat Harus Beristirahat

Anisha Saktian Putri18 Feb 2020, 13:30 WIB
tips olahraga langsing

Fimela.com, Jakarta Olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh, hingga dapat memgurangi stres. Namun, perlu hati-hati sebab olahraga terlalu berat dan berlebihan justru membuat tubuh tidak bugar, sakit, hingga menyebabkan kematian.

Maka penting untuk mengetahui tubuh sudah butuh beristirahat. dr. Michael Triangto, SpKO, Sport Medicine Specialist dari Slim + Health Sport Therapy mengatakan, menurut WHO adalah keadaan yang sempurna dari fisik, mental, sosial, tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan.

"Bila fisik sehat, namun tidak berkomunikasi dengan baik berarti itu tidak sehat. Oleh karenanya, sehat adalah mampu menjalankan aktivitas dan pekerjaan dengan baik dari fisik, mental, dan sosial," papar dr. Michael saat dihubungi Fimela.com.

dr. Michael juga mengatakan sinyal tubuh sudah lelah bisa ditandai dengan badan pegal dan mudah lelah. Jika sudah begini, dr. Michael menyaranakan untuk beristirahat dengan tidur cukup dengan makanan-makanan yang cukup dan bernutrisi.

"Olahraga sesuai dengan kondisi tubuh kita, bila tubuh lelah jangan dipaksakan sebab tubuh memiliki batas kemampuan sendiri. Baiknya tidur 6-8 jam, makan yang cukup karena kelelahan membuat energi terbakar lebih banyak," tambahnya.

Setelah berpergian jauh

[Fimela] Pesawat
Ilustrasi pesawat | unsplash.com/@rparmly

Begitu pun ketika kita berpergian jauh, seperti di dalam pesawat berjam-jam. Setelah sampai tujuan ada baiknya, lakukan peregangan otot, minum yang cukup, dan istirahat. Jangan langsung melakukan kegiatan yang cukup berat seperti olahraga.

"Atlet pun setelah terbang jauh pasti tidak langsung latihan, ada waktu untuk istirahat terlebih dahulu. Dan ada baiknya selama di dalam pesawat lakukan gerakan seperti berjalan-jalan sedikit atau ketika naik mobil istirahat sejenak untuk peregangan," paparnya.

Bisa juga mengganti jenis olaharaga menjadi lebih ringan seperti yoga jika olahraga yang dilakukan saat ini terlalu berat.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓