Tips agar Onion Ring Tidak Layu dan Lembek Setelah Digoreng

Febi Anindya Kirana18 Feb 2020, 15:15 WIB
onion ring

Fimela.com, Jakarta Onion ring mungkin menjadi salah satu gorengan yang sering disajikan di restoran dengan harga mahal tapi sebenarnya bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan sederhana. Meski tampak mudah dibuat ternyata cukup tricky juga jika ingin mendapatkan onion ring yang renyah dan krispi. Ini tips dan cara membuatnya.

1. Tepung basah dan kering

Sediakan dua jenis tepung untuk menggoreng, yaitu tepung pencelup dan pelapis, Setelah mencelupkannya ke dalam adonan basah, balur ke dalam tepung kering. Proses ini akan memberi tekstur keras dan renyah di bagian luar onion ring.

2. Baking soda

Jika tak ingin menggunakan dua jenis tepung, bisa menggunakan satu adonan tepung basah yang kental. Kunci agar tepung mengembang, krispi tapi tidak terlalu keras atau bantat adalah menambahkan baking soda. Jika Cukup tambahkan 1/4 sdt ke dalam adonan basah. Pastikan adonan kental, jangan terlalu encer.

3. Putih telur

onion ring
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Elena Hramova

Tambahkan satu putih telur untuk memberikan tekstur renyah tahan lama pada adonan basah. Sifat putih telur adalah meneraskna adonan sehingga efektif membuat gorengan krispi.

4. Pastikan bawang bombay tidak basah

Setelah mencuci bawang bombay dengan bersih, ekringkan dan potong-ptong. Jika terlalu basah, bisa membuat adonannya mudah layu setelah digoreng.

5. Tepung maizena dan beras

Banyak orang pasti sudah banyak yang tahu jika menambahkan tepung maizena dan beras adalah kunci mendapatkan gorengan yang krispi. Tak perlu menambahkan terlalu, perbandingannya antara tepung terigu dan tepung beras/maizena adalah 5:1.

Itu dia sekian tips cara membuat onion ring yang renyah dan krispi. Bisa dicoba di rumah.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓