Sikap seperti Ini yang Ternyata Bisa Turunkan Inflamasi Alami dalam Tubuh

Febi Anindya Kirana18 Feb 2020, 16:45 WIB
perempuan bahagia

Fimela.com, Jakarta Inflamasi adalah masalah yang dialami setiap tubuh manusia. Inflamasi bisa dipicu dari berbagai macam hal, mulai dari makanan, kurang istirahat, stres, kelelahan hingga luka fisik yang dialami tubuh.

Ketika tubuh mengalami inflamasi kronis, efeknya bisa merusak sistem imun tubuh sehingga tubuh mudah terserang penyakit. Meski memang merupakan masalah kesehatan fisik, namun seperti yang kita tahu, kesehatan fisik berhubungan erat dengan kesehatan mental.

Optimis membuat inflamasi menurun

perempuan tersenyum
Photo by mostafa sannad from Pexels

Jika pikiran dan mental tidak mendukung kesehatan, maka tubuh juga tidak akan sehat. Seperti misalnya berpikiran positif dam optimis. Penelitian yang diterbitkan dalam American Stroke Association menemukan bahwa berpikir optimis adalah cara alami yang bisa dilakukan setiap orang untuk mengurangi inflamasi di dalam tubuh.

Dalam penelitian tersebut lebih spesifik disebutkan bahwa pasien yang mampu bertahan setelah mengalami stroke ternyata memiliki kadar inflamasi rendah dan tingkat stroke yang lebih ringan ketika memiliki pikiran optimis. Sedangkan mereka yang tidak memiliki pikiran optimis lebih lama sembuh dan lebih parah tingkat stroke-nya. Semakin optimis seseorang semakin rendah kadar inflamasi di dalam tubuhnya.

Jadi, jika ingin mengurangi inflamasi di dalam tubuh, sebelum makan mengubah kebiasaan secara fisik, ubah dulu cara berpikirmu lebih optimis, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓