Waktu Terbaik untuk Olahraga dan Manfaat yang Harus Diketahui

Annissa Wulan20 Feb 2020, 17:30 WIB
[Fimela] Ilustrasi Olahraga

Fimela.com, Jakarta Olahraga menjadi salah satu bagian dari gaya hidup yang penting untuk rutin dilakukan. Masih banyak pro dan kontra tentang kapan waktu terbaik untuk olahraga, kapan biasanya kamu melakukan olahraga?

Secara umum, tidak ada masalah dengan waktu kamu untuk melakukan olahraga, selama tubuh bisa merasakan manfaat dari kegiatan tersebut. Dilansir dari purewow.com, Kamis (20/2/2020), berikut ini adalah waktu terbaik untuk olahraga dan manfaat yang harus kamu ketahui.

Manfaat melakukan olahraga di pagi hari

1. Jauh lebih mudah untuk menjadikannya rutinitas

Membiasakan diri melakukan olahraga di pagi hari akan membantumu lebih mudah menjadikannya sebagai rutinitas harian. Menurut para ahli, di pagi hari, kamu belum terpapar dengan berbagai aktivitas yang menguras energi, sehingga lebih mudah untuk membiasakan diri melakukan olahraga di waktu ini.

2. Menjadi lebih berenergi di sepanjang hari

Melakukan olahraga di pagi hari akan memberi tubuh endorfin, zat kimia yang dapat membuatmu lebih bahagia. Inilah yang kemudian akan mempengaruhi suasana hatimu sepanjang hari.

3. Lebih mudah menurunkan berat badan

Melakukan olahraga di pagi hari sebelum makan dapat meningkatkan lipolisis, oksidasi lemak, dan menurunkan kadar insulin. Peningkatan lipolisis adalah ketika tubuh memecah sel lemak untuk menggunakannya sebagai energi dan oksidasi lemak adalah ketika tubuh membakar energi dari sel lemak ketika glikogen tubuh rendah. Ini adalah cara ilmiah untuk mengatakan bahwa olahraga yang dilakukan sebelum makan dapat menurunkan lebih banyak berat badan.

 

Manfaat melakukan olahraga di malam hari

[Fimela] Olahraga
Ilustrasi Olahraga | unsplash.com/@j_ballew

1. Memiliki waktu yang lebih banyak

Melakukan olahraga di malam hari memungkinkan kamu memiliki lebih banyak waktu, daripada di pagi hari ketika kamu juga harus bersiap-siap kerja.

2. Tidur menjadi lebih baik

Melakukan olahraga dalam waktu 90 menit sebelum tidur dikaitkan dengan tidur yang lebih cepat, lebih sedikit kemungkinan bangun tengah malam, dan meningkatkan suasana hati.

3. Mengurangi risiko untuk cedera

Temperatur internal lebih tinggi di malam hari daripada di pagi hari, membuatmu lebih siap secara fisik untuk melakukan olahraga. Fungsi otot dan kekuatan memuncak di malam hari.

4. Menurunkan tingkat stres

Setelah mengalami hari yang panjang, olahraga bisa menjadi salah satu penutup terbaik untuk meningkatkan suasana hati sebelum tidur. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓