Tips Mengurangi Jet Lag di Perjalanan Sampai Tiba di Negara Tujuan

Novi Nadya19 Feb 2020, 09:30 WIB
Christina Tan

Fimela.com, Jakarta Jet lag atau mabuk pascaterbang memang tak bisa terhindarkan bagi kamu yang traveling melintasi zona waktu berbeda. Meski tak bisa dihindari, bukan berarti tak bisa dikurangi dengan beberapa strategi.

Kali ini luxury world traveler dan fotografer Christina Tan berbagi cara mengurangi efek jet lag yang pernah dilakukannya. Seperti saat Fimela menghubungi Christina via telepon, ia baru saja menjalani strategi power nap setelah menempuh perjalanan 31 jam (disertai transit) ke Las Vegas.

Namun sebelum membahas power nap, godaan pertama yang sering dialami di dalam pesawat adalah minuman beralkohol. Ia pun berusaha untuk melewati alkohol dan menggantinya dengan air putih.

"Kalau memang terpaksa minum alkohol, cukup satu sampai dua gelas saja. Tapi sebaiknya dihindari, dan ganti dengan minum air putih setiap beberapa jam," ujarnya saat dihubungi fimela, Selasa (18/2).

Saat hidrasi tubuh baik tentu harus diimbangi dengan waktu istirahat terutama tidur yang cukup juga. Tak peduli jam keberangkatan, Christina selalu berusaha untuk menidurkan dirinya dan mematikan seluruh perangkat elektronik termasuk WiFi. 

"Aku juga tidak memakai wifi on board karena semua di-switch off. Karena bagiku itu satu-satunya waktu istirahat sekaligus detoks untuk rehat dari gadget dan mempersiapkan energi setelah sampai tujuan nanti," tambahnya.

 

Stretching dan Power Nap

Christina Tan
Christina Tan beri tips mengatasi jet lag (Photo: Instagram sassychris1)

Hanya duduk lebih dari 24 jam tentu tanpa banyak aktivitas tentu membuat tubuh pegal dan kaku. Ia pun tak pernah absen untuk meregangkan tubuh atau stretching di segala kesempatan.

"Nah stretching sangat penting, apalagi nanti setelah turun akan ada aktivitas mengangkat bagasi, jangan sampai tiba-tiba sakit pinggang juga," lanjutnya.

Dan yang tak kalah penting, setibanya di negara tujuan harus menyempatkan diri untuk power nap yang menjadi rahasia Christina untuk tetap bugar. Apalagi sebagai content creator pemburu sunset dan sunrise, ia harus menyiapkan tenaga ekstra untuk bangun lebih awal.

"Minimal dua jam, deh, untuk tidur-tidur ayam tapi berkualitas. Jangan sampai begitu tiba langsung diforsir berkegiatan, pokoknya sempati power nap dulu," tutupnya.

Simak Video Menarik Berikut Ini;

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓