Sukses

Lifestyle

Perbedaan Manfaat Olahraga di Pagi dan Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Sesibuk apapun aktivitasmu, olahraga perlu dilakukan sebagai bagian dari rutinitas hari. Ambil waktu sekitar 10 hingga 30 menit sehari untuk melatih otot agar badan tetap sehat.

Olahraga bisa dilakukan pada pagi maupun malam hari. Kapanpun waktu olahraga yang dipilih, tetap akan membawa manfaat bagi tubuh. Namun melansir dari Purewow pada Jumat (21/2/2020), olahraga di pagi atau malam hari memiliki manfaat yang berbeda. Apa saja?

Olahraga pada pagi hari

1. Membuat aktivitas lainnya lebih lancar

Orang yang berkeringat lebih awal di pagi hari akan membuat rutinitas lebih mudah dilakukan. Menurut studi olahraga di Smith College, terdapat sebuah teori senam olahraga bisa membuat aktivitas lainya lebih lancar. Hal ini disebabkan seseorang belum terpapar aktivitas yang menguras energi dan stres.

2. Membuat lebih bahagia

Perlu waktu memang untuk membiasakan diri bangun pagi. Namun, olahraga akan memberikan tubuh endorfin yang membuat kita bahagia.

3. Potensi penurunan berat badan

Berolahraga pagi sebelum makan disebut sebagai puasa kardio. Menurut Denise Pette yang merupakan seorang dokter penyakit dalam di Manhattan, olahraga dengan perut kosong akan meningkatkan lipolisis, oksidasi lemak, dan penurunan kadar insulin. Peningkatan lipolisis adalah kondisi di mana tubuh memecah sel-sel lemak untuk menggunakannya sebagai energi.

 

Olahraga pada malam hari

1. Bisa melakukan olahraga lebih banyak

Di pagi hari, mungkin kamu terburu-buru dengan aktivitas pekerjaan yang padat. Namun jika olahraga dilakukan di malam hari, kamu memiliki banyak waktu untuk melakukan lebih banyak olahraga.

2. Tidur lebih baik

Jurnal Sleep Medicine yang diterbitkan pada 2014 menyebut bahwa olahraga berat 90 menit sebelum tidur bisa membuat tidur lebih cepat, mengurangi potensi bangun di tengah malam, dan meningkatkan mood.

3. Mengurangi cedera

Temperatur internal tubuh lebih tinggi di malam hari. Membuat tubuh lebih siap berolahraga secara fisik. Fungsi otot dan kekuatan memuncak pun juga terjadi di malam hari. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak latihan di malam hari.

4. Menurunkan stres

Bukan hanya sekadar mengolah badan, olahraga pun bisa mengurangi stres. Rasa amarah, kecewa, dan sedih bisa kamu luapkan dengan olahraga. Kamu bisa pilih olahraga tinju untuk melampiaskan rasa marah.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading