4 Cara Tampil Percaya Diri di Luar Beauty Standard

Endah Wijayanti19 Feb 2020, 12:15 WIB
Diperbarui 19 Feb 2020, 12:15 WIB
lebih percaya diri

Fimela.com, Jakarta Apa yang dimaksud dengan beauty standard atau standar kecantikan? Benarkah kecantikan perempuan itu ada "standarnya"? Seringkali kita merasa kurang percaya diri karena merasang "kurang cantik" atau tidak secantik model-model yang ada di iklan atau berbagai media. Padahal, bila kita mencoba untuk melihat dari sisi yang lain, standar kecantikan itu sifatnya subjektif.

Untuk tampil percaya di luar beauty standard memang tidak benar-benar mudah. Apalagi kita hidup di era media sosial yang memudahkan kita untuk terus membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain, pastinya selalu saja ada tantangan yang harus ditaklukkan untuk bisa percaya diri. Agar lebih percaya diri, ada beberapa langkah awal yang bisa kita coba.

1. Terima Diri Kita Apa Adanya

Oke, pada kenyataannya kita tak pernah bisa membuat "pesanan" ingin dilahirkan dengan tubuh dan fitur wajah yang seperti apa. Bentuk fisik dan warna kulit kita di luar kendali kita. Maka, kita perlu menyadari dan berdamai dengan kenyataan ini. Terima diri kita apa adanya. Berdamai dengan kenyataan bahwa masing-masing perempuan terlahir berbeda.

2. Berbaik Hati pada Diri Sendiri

Kita tetap perlu berbaik hati pada diri sendiri. Rawat diri dan tubuh sebaik mungkin. Lakukan hal-hal yang bisa menghadirkan kebahagiaan dan makna baru dalam hidup. Jangan terlalu fokus pada orang lain, fokus saja dulu pada dirimu. Rawat anugerah kehidupan yang kamu miliki saat ini.

 

3. Buat Pencapaian Baru Sesuai Minat dan Potensimu

Solo Traveling
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Sebuah pencapaian baru dalam hidup dapat meningkatkan rasa percaya dirimu. Temukan minat dan potensimu, galilah sebaik mungkin. Coba hal-hal baru untuk membantumu bisa membuat pencapaian dan prestasi baru dalam hidup. Sekalipun ada banyak kegagalan yang harus dihadapi, teruslah mencoba. Biasanya ketika kita berhasil membuktikan sesuatu dan mencapai sesuatu, rasa percaya diri akan meningkat dengan sendirinya.

4. Ciptakan Rutinitas yang Kamu Nikmati

Percaya diri bisa dibangun dari rutinitas dan kebiasaan harian yang dibangun. Ciptakan aktivitas dan rutinitas yang kamu nikmati dan bisa meningkatkan kualitas hidupmu. Perluas pengalaman baru. Temui orang-orang yang bisa memberi pengaruh positif dalam hidupmu. Serta, perlahan-lahan jadilah seseorang yang bisa memberi dampak positif pada hidup orang lain.

Perlu proses untuk bisa menjadi perempuan yang percaya diri. Masing-masing dari kita punya kelebihan dan kekurangan sendiri. Maksimalkan kelebihan yang dipunya dan perbaiki kekurangan dari waktu ke waktu.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓