Sukses

Lifestyle

5 Makanan yang Baik untuk Tubuh Jika Dikonsumsi dengan Jumlah yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa makanan dan minuman yang mungkin dikenal tidak sehat atau bahaya karena mengandung banyak lemak, kolestrol, gula dan lain sebagainya. Mengonsumsi sesuatu dengan berlebih memang tidak baik.

Beberapa makanan dan minuman bagus untuk dikonsumsi karena mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh kamu. Makanan yang memiliki lemak tinggi, Tetapi semua itu harus dikonsumsi dengan jumlah yang tepat.

Dilansir dari realsimple.com, berikut beberapa makanan “tidak sehat” yang sebetulnya baik untuk dikonsumsi jika dengan jumlah yang tepat.

1. Kopi

Mengonsumsi kopi terlalu banyak dapat memberikan beberapa efek negatif bagi tubuh kamu seperti detak jantung cepat, berkeringat, diere dan lain sebagainya. Tetapi, mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat dapat bermanfaat bagi tubuh kamu. Menurut Juliana Dewsnap, RD, LDN, CPT, kopi mengandung beberapa vitamin B dan dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Walaupun kopi baik untuk dikonsumsi, kamu perlu memperhatikan apa yang kamu campurkan ke dalam kopi.

2. Karbohidrat

Roti, gandum, nasi putih dan lain sebagainya sering dicap buruk karena tinggi karbohidrat. “Namun, organ kamu terutama otak, ginjal, dan otot membutuhkan karbohidrat agar berfungsi dengan baik,” jelas Dewsnap. Fakta mengatakan bahwa, tubuh kamu membakar energi dari karbohidrat lebih efisien daripada makronutrien lainnya. Makanan ini mengandung sesuatu yang sangat penting, yaitu serat. Serat juga dapat membantu mengatur pencernaan kamu.

3. Gluten

Gluten juga sering disamakan dengan karbohidrat seperti roti dan pasta, tetapi semua gluten sebenarnya adalah protein yang ditemukan dalam gandum dan gandum hitam. Menggunakan versi whole-grain produk yang mengandung biji-bijian adalah keputusan yang sangat baik dan produk ini biasanya jauh lebih sedikit diproses daripada produk bebas gluten. Tetapi, hanya mereka yang menderita Penyakit Celiac, alergi gandum dan intoleransi gluten yang mengalami dampak kesehatan negatif dari mengonsumsi gluten.

4. Telur

Banyak orang berpikir bahwa telur mengandung banyak lemak dan kolesterol, yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan jantung kamu. “Memang telur mengandung banyak lemak, tetapi tidak pada tingkat yang mengkhawatirkan. Sebagian dari lemak itu adalah lemak baik,” jelas Alexandra Lewis, RD, LDN, ahli gizi Baze. Kuning telur mengandung banyak protein, vitamin dan mineral. Tapi semua itu harus dengan porsi yang pas.

5. Susu

Susu biasanya mengandung banyak nutrisi seperti vitamin D, magnesium dan kalium. Ini juga dapat menjadi sumber protein penting bagi kamu yang sedang diet. "Bahkan orang-orang yang tidak toleran laktosa dapat menikmati dan mentoleransi jenis susu tertentu, terutama produk yang difermentasi atau berumur seperti kefir, keju tua, atau yogurt," kata Caine. Mengonsumsi susu dalam jumlah sedang dapat membantu menurunkan berat badan, memperkuat otot, mencegah penyakit kardiovaskular dan kesehatan tulang.

Penulis: Zhafira Majdina

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading