3 Cara Menghemat Uang Saat Merencanakan Pernikahan

Anisha Saktian Putri25 Feb 2020, 10:00 WIB
Wedding/Unsplash Wu-Jianxioang

Fimela.com, Jakarta Pernikahan identik dengan mengeluarkan biaya besar-besaran. Mulai dari menyewa gedung, catering, hingga penampilan sang pengantin.

Maka tak ada salahnya sebelum menikah, kita merencanakan keuangan dengan baik. Jangan sampai nantinya memiliki banyak utang untuk menutupi biaya setelah pernikahan.

Untuk menyelamatkan diri dari masalah keuangan saat menikah, berikut cara-cara untuk menghemat uang saat merencanakan pernikahan, lansir dari womenhealthmagazine.

1. Menetapkan batas anggaran maksimum

Salah satu celah terbesar yang menyebabkan orang menghabiskan terlalu banyak uang untuk pernikahan adalah kurangnya anggaran.  Anggaran melibatkan analisis berapa banyak uang yang dimiliki yang disisihkan secara khusus untuk membiayai semua biaya pernikahan.

Mulailah dengan menentukan berapa banyak uang yang dimiliki untuk pernikahan, dan seberapa banyak orang lain yang bersedia membantu keuangan pernikahan, contohnya orangtua. Dengan anggaran ini, dapat mulai menghitung rincian dengan mengidentifikasi segala yang dibutuhkan untuk pernikahan dan menyesuaikannya anggaran. Jangan melebihi anggaran yang sudah ada. List kebutuhan pernikahan untuk mempermudah membuat anggaran.

2. Lakukan Yang Dapat Dikerjakan Sendiri

Dalam upaya untuk menghemat uang saat merencanakan pernikahan, disarankan agar melakukan apa yang bisa dikerjakan sendiri. Temukan waktu dan kunjungi beberapa penyedia layanan seperti katering, tempat pernikahan, daripada menghabiskan uang ekstra untuk menyewa seorang untuk perencana keuangan.

3. Tidak Membandingkan dengan Orang lain

Wedding/Unsplash Micheile
Wedding/Unsplash Micheile

Hanya karena teman melakukan pernikahan di tempat dengan pemandangan yang menakjubkan dan mengenakan gaun pengantin mahal, itu tidak berarti kalian harus meminta pernikahanmu mengikuti konsep yang sama. Karena pada akhirnya kita akan merusak anggaran pernikahan.

Ada baiknya dapat menyewa gedung sesuai bujet, atau menyewa gaun pengantin dengan harga lebih murah. Hal ini akan membuatmu lebih hemat. Jadi jangan mengikuti konsep orang lain dan tidak gengsi.

#Changemakers

Lanjutkan Membaca ↓