Bisa Dimakan, Penelitian Membuktikan Bunga Sepatu Mampu Turunkan Hipertensi

Febi Anindya Kirana19 Feb 2020, 17:15 WIB
Diperbarui 19 Feb 2020, 17:15 WIB
bunga sepatu

Fimela.com, Jakarta Sering ditemui di banyak taman rumah atau pinggir jalan, bunga sepatu mungkin selama ini hanya dikagumi keindahannya. Tak banyak yang tahu bahwa bunga sepatu ternyata juga bisa dimakan dan bahkan memiliki manfaat kesehatan tak terduga.

Orang mungkin berpikir, dimakan? Gimana rasanya? Mungkin memang tidak seenak makan sayur atau semanis makan buah, tapi bunga sepatu tidak memiliki racun dan aman dikonsumsi dibandingkan mayoritas bunga.

Manfaat Kesehatan Bunga Sepatu

bunga sepatu kering
copyright by Shutterstock

Sebuah penelitian tahun 2015 yang diterbitkan dalam PubMed Central Journal Hipertens menemukan bahwa bunga sepatu atau dikenal juga dengan bunga hibiscus, mampu menurunkan hipertensi karena memiliki kandungan tinggi asam organik seperti polifenol, antosianin, polisakarida, dan komponen volatil yang bermanfaat untuk kesehatan sistem kardiovaskuler.

Bunga sepatu bisa dikeringkan dan diseduh menjadi teh, rasanya yang asam mampu menurunkan hipertensi dan kadar kolesterol yang tinggi di dalam arteri.

Jadi, jika kebetulan menemukan teh herbal bunga sepatu, tidak ada salahnya membeli dan menyeduhnya sendiri di rumah ya Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELAbung

Lanjutkan Membaca ↓