Sukses

Lifestyle

4 Tips Memanggang Ikan agar Dagingnya Tidak Lengket

Fimela.com, Jakarta Ikan yang dipanggang memang memiliki aroma khas tersendiri. Bahkan bau amisnya pun bisa hilang bila diolah dengan cara dipanggang. Cuma kadang yang menyulitkan adalah ketika dihadapkan pada daging yang menempel pada alat pemanggang. Tekstur dagingnya jadi rusak dan bakal memengaruhi rasa juga.

Agar daging ikan tidak lengket pada saat dipanggang, ada sejumlah tips yang bisa dicoba. Supaya daging bisa tetap utuh dan bumbu meresap dengan lebih sempurna, perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Panaskan Alat Pemanggang dan Olesi dengan Minyak

Melansir tasteofhome.com, memanaskan alat pemanggang terlebih dahulu akan menghemat waktu memanggang ikan hingga matang. Pastikan alat pemanggang dalam keadaan bersih. Olesi dengan minyak secara merata supaya nanti daging ikan tidak lengket saat dipanggang.

2. Ikan Dimarinasi Terlebih Dahulu

Ikan sebaiknya tidak dalam keadaan "kering" saat dipanggang. Maksudnya ikan perlu dibumbui atau dimarinasi terlebih dahulu. Ikan bisa direndam terlebih dahulu dengan garam dan air perasan jeruk nipis untuk mengurangi aroma amisnya. Ikan juga bisa direndam dalam bumbu kuning selama 30 menit sebelum dipanggang.

 

 

3. Olesi Ikan dengan Minyak

Ketika ikan ditaruh di alat pemanggang, olesi permukaan dagingnya dengan sedikit minyak. Oh iya, pastikan ikan yang dipanggang adalah ikan segar dan dagingnya tebal. Karena jika ikan dalam kondisi sudah tidak segar, akan sangat rentan hancur saat dipanggang dan dibalik dalam proses pemanggangannya.

4. Ikan Jangan Terlalu Sering Dibalik

Tunggu sekitar lima menit sebelum ikan dibalik untuk sisi satunya. Bila ikan terlalu sering dibalik, nantinya ikan akan gampang hancur dan dagingnya malah robek.

Tidak terlalu sulit, kan? Semoga tips-tips di atas bermanfaat dan memudahkanmu dalam proses memanggang ikan.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading