4 Alasan Tisu Toilet Tidak Cocok Digunakan untuk Membersihkan Wajah

Gayuh Tri Pinjungwati20 Feb 2020, 18:15 WIB
tisu

Fimela.com, Jakarta Tisu merupakan salah satu perlengkapan wajib dibawa saat pergi kemana-mana, terutama bagi kaum perempuan. Banyak jenis tisu yang dapat digunakan, misalnya seperti tisu basah, tisu wajah, tisu makan, dan tisu toilet. Tisu-tisu tersebut tentunya memiliki fungsinya masng-masing.

Namun tidak berlaku di negara kita, semua tisu dianggap sama. Tak jarag menemui tisu toilet digunakan untuk tisu di meja makan dan bahkan digunakan untuk wajah. Terdapat beberapa alasan mengapa tisu toilet tidak cocok digunakan untuk wajah, seperti penjelasan dibawah ini.

Tekstur Mudah Hancur

Tisu toilet berbeda dengan tisu lainnya, teksturnya yang mudah hancur. Jika digunakan untuk wajah, bisa dipastikan dapat meninggalkan bekas putih pada wajah. Selain itu kandungan residu pada tisu toilet dapat tertinggal pada wajah, yang membuat kulit menjadi iritasi.

Tekstur Permukaan

Tekstur permukaan pada tisu toilet lebih kasar daripada tisu wajah. Tektur yang kasar pada tisu toilet dapat menyebabkan kulit menjadi merah, jika diusapkan pada muka. Karena itu sangat tidak disarankan tisu toilet digunakan untuk membersihkan wajah. Baiknya jika ingin membersihkan wajah gunakanlah tisu basah atau tisu kering yang memiliki tektur lembut dan lembab.

Tidak Menyerap Minyak

tisu toilet
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Anna Hapova

Ketika menjumpai tisu toilet berada di meja makan, mau tidak mau harus menggunakannya. Perlu diketahui bahwa tisu toilet tidak dapat menyerap minyak secara maksimal. Mengelap kulit yang terkena minyak dengan tisu toilet, tidak membantu membersihkan secara maksimal. Terlebih jika digunakan untuk menyerap minya pada makanan. Jika terkena pada makanan, tisu akan dengan mudah menempel dan meninggalkan bekas tisu pada makanan.

Resiko Terpapar Kuman

Tanpa disadari tisu toilet yang berada di meja makan dapat terkontaminasi dengan kuman dan bakteri. Bakteri dan kuman dapat dengan mudah menempel pada tisu. Sebaiknya tetap berhati-hati saat menggunakan tisu toilet jika berada di rumah makan.

Jika hendak menggunakan tisu ada baiknya pilih tisu sesuai dengan kegunaan dan fungsinya masing-masing. Jangan menghiraukan kesehatan karena penggunaan tisu. Usahakan untuk membawa tisu ketika bepergian, pilih tisu yang mudah dibawa kemana-mana dan sesuai dengan fungsinya.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓