5 Cara Sederhana Kembali Percaya Diri setelah Patah Hati

Endah Wijayanti21 Feb 2020, 07:18 WIB
merdeka jadi single

Fimela.com, Jakarta Pengalaman patah hati memang membuat hidup kita tak sama lagi. Segalanya terasa hancur berantakan. Rasanya sudah tak ada lagi harapan untuk kembali bahagia. Kepercayaan diri pun runtuh sudah.

Setelah melewati masa-masa paling mengerikan patah hati, kita perlu kembali bangkit melangkah dengan kepercayaan diri baru. Untuk bisa kembali percaya diri, ada beberapa cara sederhana yang bisa dicoba. Cobalah langkah-langkah awal ini untuk mengembalikan rasa percaya dirimu setelah patah hati.

1. Beres-Beres Kamar

Melansir Elite Daily, psikolog berlisensi Sal Racihbach mengungkapkan bahwa kondisi mental kita bisa sangat dipengaruhi oleh kondisi ruangan kita. Bahkan orang yang tak suka bersih-bersih akan merasakan efek menenangkan dari kegiatan tersebut. Beres-beres kamar semacam bentuk merawat diri sendiri dan bisa memperbaiki suasana hati jadi lebih baik lagi.

2. Jalan-Jalan

Tetap aktif adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri. Setelah patah hati dan melewati masa-masa terburuknya, cobalah untuk tetap menggerakkan tubuhmu tetap aktif. Sesederhana jalan kaki dapat membantu menjernihkan pikiran dan membantu bisa kembali percaya diri jalani hidup.

 

3. Mengenakan Pakaian yang Membuatmu Bahagia

lebih percaya diri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/MRProduction

Setelah patah hati atau putus cinta, kadang kita merasa tak layak dicintai. Wajar kita merasa begitu karena kesedihan yang begitu dalam membuat kita seakan terjatuh ke jurang yang paling dalam. Namun, kita tetap perlu kembali ingat bahwa hidup ini terlalu berharga jika hanya diisi dengan tangisan dan kesedihan. Coba bangkitkan kembali rasa percaya dirimu dengan mengenakan baju atau pakaian yang membuatmu merasa paling nyaman. Kadang dengan penampilan berbeda, ada perasaan berbeda pula yang akan kita rasakan.

4. Buat Target Hidup yang Baru

Saatnya untuk membuat harapan baru dalam hidup. Buat target atau tujuan baru yang ingin kamu raih. Tata kembali hidupmu untuk hal-hal yang lebih bermakna dalam hidup. Tekuni hobi baru. Kejar target karier yang baru. Sesuatu yang baru akan membuatmu menemukan arah baru dan bisa membantumu lebih percaya diri jalani hidup.

5. Temui Orang-Orang Berenergi Positif

Energi positif dari orang lain bisa membantumu untuk bisa ikut lebih positif dalam membuka lembaran baru. Kadang kita memang butuh bantuan dari orang lain untuk bisa menjalani hidup yang lebih baik. Temui sahabat atau saudara yang bisa membantumu menciptakan harapan baru dalam hidup.

Patah hati memang bisa membuat kita merasa kehilangan harapan dalam hidup. Namun, kita masih perlu menjalani hidup ini dengan lebih baik. Tak perlu berlama-lama berkubang dalam kesedihan, ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓