6 Jenis Buah untuk Menambah Darah Paling Efektif

Gayuh Tri Pinjungwati20 Feb 2020, 20:15 WIB
buah

Fimela.com, Jakarta Kurang darah atau sering disebut dengan anemia merupakan seseorang yang mengalamikonsisi kekurangan darah. Jika seseorang mengalami kekurangan darah dapat mengganggu penyaluran oksigen ke seluruh tubuh. Seseorang yang mengalami anemia biasanya merasa lemas, kepala terasa pusing, dan terlihat pucat.

Kondisi ini harus segera diatasi, untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Banyak jenis makanan yang dapat meningkatkan jumlah kadar darah seseorang. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan. Berikut ini beberapa jenis buah dan sayur yang dapat menambah darah bagi seseorang yang mengalami anemia.

Jambu Biji

Jambu biji yang berwarna merah dapat membantu seseorang untuk menambah kadar darah dalam tubuh. Jambu biji biasanya digunakan untuk membantu meningkatkan trombosit pada seseorang yang mengalami serangan Demam Berdarah (DB).

Pisang

Pisang salah satu buah yang dapat membantu seseorang yang mengalami anemia. Karena pisang mengandung zat besi dan folat yang baik untuk memroduksi sel darah merah. Sangat dianjurkan bagi seseorang yang mengalami anemia untuk mengonsumsi buah pisang setiap hari.

Kismis

Kismis
Ilustrasi buah kering - kismis (iStockphoto)

Kismis, salah satu buah kering ini mengandung zat besi untuk menambah darah. Kismis dapat dinikmati langsung atau dengan campuran makanan lain seperti sereal atau kue.

Semangka

Buah yang memiliki daging berwarna merah ini kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan darah dalam tubuh seseorang. Kandungan vitamin C pada buah semangka dipercaya dapat membantu menyerap zat besi secara optimal.

Buah Naga

Salah satu buah lezat ini dapat membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Sehingga sangat baik jika dikonsumsi saat mengalami anemia. Buah ini dapat dikonsumsi langsung atau dapat juga dijadikan jus buah naga.

Jeruk

Selain kaya akan vitamin C, jeruk memiliki kandungan folat yang dapat membantu pembentukan sel darah merah. Sangat baik apabila dikonsumsi untuk menambah sel darah merah dalam tubuh.

Masih banyak lagi buah-buahan yang dapat membantu memproduksi sel darah merah. Jika seseorang mengalami anemia, sebaiknya segera konsumsi makanan yang dapat menambah darah. Selain buah terdapat makanan seperti daging dan sayuran yang dapat menangani anemia.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓