4 Tanda Tubuhmu Sudah Kebanyakan Kafein

Endah Wijayanti21 Feb 2020, 11:50 WIB
menguap mengantuk

Fimela.com, Jakarta Sebagian dari kita sangat bergantung pada minuman berkafein untuk memulai hari. Bahkan ada yang setiap pagi selalu membutuhkan asupan kafein untuk bisa terjaga dan merasa lebih berenergi. Namun, mengonsumsinya secara berlebihan bisa berdampak negatif pada tubuh.

Melansir 4 Signs You’ve Had Way Too Much Caffeine & What to Do About It via sheknows.com, ada tanda-tanda yang bisa dikenali saat tubuh kita sudah kebanyakan kafein. Kenali tanda-tandanya supaya kita bisa segera mengatasinya. Selengkapnya, langsung simak di sini uraiannya.

1. Merasa Sangat Gelisah

Kandungan kafein pada kopi menghambat reseptor adenosine dan meningkatkan adrenalin, glutamat, dan dopamin, kombinasi yang membuat tubuh dalam mode bertarung atau berlari (fight or flight mode). Ahli gizi Elizabeth Yontz Moyw mengungkapkan bahwa kafein dapat memicu detak jantung kita dan penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kafein dapat meningkatkan tekanan darah. Jika sistem saraf kita disasar terlalu banyak kafein, akibatnya bisa membuat kita gelisah dan tidak tenang. Cobalah untuk meningkatkan asupan air putih atau mengurangi konsumsi kafein harian secara berkala.

2. Makin Sering Buang Air Kecil

Terlalu banyak kafein bisa memengaruhi sistem sekresi tubuh kita. Kandungan asam pada kafein dapat memicu tubuh makin sering buang air kecil. Saat menikmati kopi, coba iringi dengan makan kudapan atau camilan untuk memperlambat gerakan cairan yang masuk ke dalam perut kita.

 

3. Sulit Tidur

Penyebab Insomnia
Sulit Tidur / Sumber: iStock

Kualitas tidur kita bisa ikut terganggu bila konsumsi kafein berlebihan. Sulit tidur menjadi salah satu gejala umum tubuh kita terlalu banyak kafein. Kopi juga dapat memengaruhi ritme sirkadian tubuh yang menyulitkan kita mendapatkan tidur nyenyak. Disarankan untuk tidak minum kopi setelah pukul 16.00 untuk memastikan kita bisa tidur nyenyak pada malam harinya.

4. Sangat Mengantuk saat Tidak Minum Kopi

Ini bisa jadi sinyal tubuh kita sudah sangat ketergantungan dengan kopi. Ketika kita merasa sangat mengantuk saat sehari saja tidak minum kopi, waspadai gejala tubuh kita kebanyakan kopi. Batasi konsumsi kopi tidak lebih dari empat gelas setiap harinya. Jaga pola makan sehat dan seimbang untuk menjaga kebugaran tubuh dan tidak gampang letih atau mengantuk.

Minuman berkafein tak hanya kopi saja. Teh, minuman bersoda, dan minuman energi juga ada yang mengandung kafein. Jaga kembali pola makan yang seimbang, ya. Utamakan memenuhi cairan tubuh dengan air putih dan konsumsi makanan sehat.

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓