4 Hal Pertama yang Perlu Dilakukan saat Diselingkuhi Pasangan

Endah Wijayanti21 Feb 2020, 13:16 WIB
perempuan diselingkuhi

Fimela.com, Jakarta Ketika kita mengetahui pasangan kita ternyata selingkuh, rasanya pasti kesal. Kita merasa dikhianati dan dilukai dengan sangat dalam. Berbagai macam emosi campur aduk jadi satu. Dalam kondisi seperti ini, kita punya hak untuk marah.

Seringkali ketika pasangan kita selingkuh, kita menahan amarah kita. Padahal penting untuk melepaskan amarah tersebut. Melansir sheknows.com, Piper S. Grants seorang psikolog dan pakar hubungan asmara mengatakan, "Jika kamu perlu berteriak, berteriaklah—ke bantal dan bukan ke pasanganmu. Jika perlu menangis, izinkan saja dirimu menangis sepuasnya." Tak apa merasa kesal dan meluapkan amarah ketika kita tahu ternyata kita diselingkuhi. Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu dilakukan saat pasanganmu ketahuan selingkuh.

1. Curhat ke Orang yang Paling Kamu Percaya

Hubungi teman yang sekiranya cukup suportif dan tidak menghakimi. Curhatlah ke orang yang paling kamu percaya. Curhat bisa membantu meringankan hatimu sekaligus melihat garis besar masalahnya dari perspektif lain. Setidaknya dengan cara ini, kita bisa kembali menguatkan diri untuk melewati masa sulit yang ada.

2. Coba Pahami Situasinya

Jika pasanganmu ingin menjelaskan sesuatu, beri dia kesempatan. Bethany Ricciardy, pakar seks dan hubungan asmara mengatakan bahwa meski mungkin kita tak ingin mendengar penjelasan rinci atas kejadiannya, tapi setidaknya kita bisa tahu alasan pasangan kita melakukan hal tersebut. Setidaknya kita terbantu untuk membuat pilihan atau keputusan yang lebih baik ke depannya.

 

3. Sadari bahwa Ini Bukan Salahmu

Selingkuh
Ilustrasi./copyright shutterstock By Dragon Images

Dia yang selingkuh, maka jangan menyalahkan dirimu atas kesalahan yang dilakukannya. Sadari bahwa kejadian ini bukanlah salahmu. Jika perlu, relakan saja dia bersama selingkuhannya supaya kamu bisa lebih bahagia menjalani hidupmu. Kamu berhak bahagia dengan atau tanpa dirinya. The choice is yours.

4. Ambil Waktu 24 Jam sebelum Membuat Keputusan Penting

Setelah kita mengetahui pasangan kita selingkuh, rasanya kita ingin segera memperbaiki keadaan dan membuat pilihan drastis. Namun, ada baiknya untuk meluangkan waktu setidaknya 24 jam sebelum membuat sebuah keputusan. Apakah mau tetap melanjutkan hubungan atau sebaiknya memutuskan hubungan sebelum situasi makin memburuk? Buatlah pilihan dan keputusan dengan kepala jernih.

Tidak mudah menghadapi kenyataan diselingkuhi oleh orang yang kita cintai. Meskipun sulit, kita bisa pelan-pelan untuk menenangkan diri dan mengambil keputusan terbaik dalam hidup kita.

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓