Novel Switched Off Mengupas Kasus Kekerasan pada Perempuan

Annissa Wulan21 Feb 2020, 15:30 WIB
Novel Switched Off karya Abigail Sirait

Fimela.com, Jakarta Kekerasan terhadap perempuan diangkat dalam sebuah novel oleh Abigail Sirait. Ibu dari tiga orang anak dan pengusaha itu memberi judul buku perdananya Switched Off.

Switched Off secara gamblang membeberkan permasalahan kekerasan terhadap perempuan di dalam sebuah hubungan. Novel ini mengangkat perempuan bernama Asmara yang mengalami beberapa bentuk kekerasan, mulai dari fisik, verbal, hingga finansial.

Melalui novel Switched Off, Abigail Sirait berhasil mengupas salah satu dari sekian banyak kasus kekerasan terhadap perempuan yang terjadi di Indonesia. Berdasarkan Catatan Tahunan Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan 2019, dari 13.568 kasus kekerasan, ada 9.637 kasus berada di ranah pribadi.

 

Novel Switched Off karya Abigail Sirait

Novel Switched Off karya Abigail Sirait
Acara perilisan novel Switched Off karya Abigail Sirait. Sumber foto: Document/PR.

Menariknya lagi, dari jumlah tersebut, angka kekerasan dalam hubungan pacaran mencapai 2.073 kasus dan jumlah kekerasan terhadap istri mencapai 5.114 kasus. Novel karya Abigail Sirait ini berusaha menjelaskan awal dari lingkaran setan kekerasan terhadap perempuan di dalam sebuah hubungan rumah tangga.

Abigail Sirait sendiri telah aktif berkontribusi untuk membantu berbagai kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia yang ditangani oleh Pundi Perempuan oleh IKA dan Komnas Perempuan, termasuk mendonasikan hasil penjualan novel Switched Off miliknya. Bagaimana menurutmu?

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓