5 Alasan Minum Teh Baik untuk Kesehatan Jantung

Fimela Editor25 Feb 2020, 08:30 WIB
Ilustrasi minum teh

Fimela.com, Jakarta Meningkatkan asupan makanan yang sehat untuk jantung adalah hal yang utama. Ada banyak faktor yang membuat orang berisiko mengalami penyakit jantung.

Penting untuk kamu meningkatkan kesadaran tentang makanan atau minuman yang membantu memerangi penyakit jantung. Salah satu bahan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung adalah teh.

Menurut William W. Li, MD, dokter terkenal dan penulis Eat To Beat Disease, teh adalah sumber flavonoid yang membantu mengurangi stres oksidatif. Selain itu, teh juga dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan efisiensi dan fungsi pembuluh darah.

Manfaat teh diperkuat oleh studi 101.000 orang dewasa di China selama hampir 22 tahun. Mereka yang minum lebih dari tiga cangkir teh seminggu dapat menurunkan risiko 20 persen lebih rendah dari penyakit kardiovaskular.

Melansir dari realsimple.com, ada beberapa alasan mengapa teh bagus untuk kesehatan jantung kamu.

1. Membantu Meredakan Peradangan

Teh adalah salah satu sumber terbaik flavonoid makanan senyawa tumbuhan alami yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Flavonoid membantu mengatasi peradangan yang dapat mengurangi penumpukan plak di dalam arteri.

Baik teh hitam atau teh hijau mengandung flavonoid, tetapi teh hijau memiliki jumlah yang sedikit lebih tinggi.

2. Mengurangi Kolesterol

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, teh membantu memperlambat penurunan HDL (kolesterol "baik”). Selain itu, penelitian juga menunjukkan teh dapat secara signifikan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke dengan mengurangi LDL (kolesterol "buruk") yang dapat menumpuk di arteri.

3. Merangsang Sel Induk

Teh hijau atau teh hitam dapat meningkatkan jumlah sel induk dalam aliran darah. Sel induk ini dapat meningkatkan sirkulasi dan membantu menjaga kesehatan tubuh seiring bertambahnya usia.

4. Menghidrasi

Teh bersifat melembabkan dan mengandung banyak air. Hidrasi penting untuk sirkulasi dan fungsi jantung kamu. Tetapi, Jangan lupa untuk minum air mineral.

 

5. Dapat Dikonsumsi Tanpa Gula

Sangat penting untuk mengubah gaya hidup yang sehat. Untuk meminum teh, sebaiknya tidak dicampurkan dengan gula. Tanpa gula, teh juga memiliki rasa yang nikmat untuk dikonsumsi. Selain itu, mengurangi gula juga sangat baik untuk kesehatan kamu.

(Zhafira Majdina)

Lanjutkan Membaca ↓