Sukses

Lifestyle

5 Kuliner Tradisional Yogyakarta yang Wajib Dicoba

Fimela.com, Jakarta Yogyakarta sebuah kota yang ramah dan menarik untuk dikunjungi. Kota pelajar dan budaya ini memiliki ribuah keindahan, membuat siapa saja ingin mengunjunginya. Seperti judul lagu milik Adhitia Sofyan Sesuatu di Jogja, memang banyak sekali sesuatu yang ada di Jogja mulai dari panorama, kuliner, bahkan cerita asmara tumbuh di kota ini.

Berbicara soal kota Yogyakarta, tak afdol jika tidak menengok kuliner khasnya. Berikut ini beberapa kuliner yang wajib di coba saat berkunjung di Yogyakarta.

Clorot

Clorot makanan tradisional yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula merah. Makanan ini sebenarnya berasal dari Purworejo, namun clorot juga dapat ditemui di daerah Yogyakarta. Wadahnya pun cukup unik, menggunakan janur atau daun kelapa berwarna kuning yang dibentuk seperti terompet. Clorot dapat ditemui di pasar tradisional yang ada di Yogyakarta.

Geblek

Makanan ini terbuat dari tepung tapioka, yang dicampur dengan bumbu gurih serta parutan kelapa. Hampir mirip dengan cireng, geblek memiliki cita rasa yang gurih dan dapat dinikmati dengan saus sambal atau sambal kecap lebih nikmat. Makanan berwarna putih dengan bentuk angka 8 ini, berasal dari Purworejo, namun dapat juga di temui di pasar-pasar tradisional daerah Kulon Progo.

Songgo Buwono

Salah satu makanan dari Keraton Yogyakarta ini mungkin menu yang wajib dicoba saat berkunjung ke Yogyakarta. Ide pembuatan makanan ini muncul dari Sultan Hamengkubuwono VII. Songgo Buwono, dapat dinikmati saat bulan Ramadhan di pasar sore. Bentuk dari songgo buwono sendiri hampir mirip dengan burger dengan isian telur, sehingga makanan ini hanya dapat bertahan satu hari saja.

Adrem

Adrem atau sering dikenal dengan tholpid merupakan salah satu makanan dari Bantul. Adrem terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula jawa, lalu digoreng. Makanan ini banyak dijual di pasar daerah Bantul, Yogyakarta.

Gudeg

Gudeng menjadi salah satu makanan khas Yogyakarta yang melegendaris. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak hingga berwarna kecoklatan dengan cita rasa manis. Saat ini telah banyak gudeg yang dikemas menggunakan kaleng dan dapat bertahan selama 1 tahun.Sangat cocok sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Bila sedang berkunjung ke Yogyakarta, tak ada salahnya untuk menyicipi makanan tradisionalnya. Selain 5 makanan di atas masih banyak lagi kuliner khas Yogyakarta yang dapat dinikmati.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading