5 Tips Membuat Acar Timun yang Renyah dan Tidak Lembek

Endah Wijayanti23 Feb 2020, 15:15 WIB
Diperbarui 23 Feb 2020, 15:15 WIB
acar mentimun

Fimela.com, Jakarta Acar timun yang masih krenyes-krenyes memang paling pas dijadikan pendamping untuk aneka lauk dan hidangan. Hanya saja kadang kalau salah dalam membuatnya, acar timun jadi lembek dan kurang enak. Tapi sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membuat acar timun yang teksturnya renyah.

Melansir 5 Secrets for Crunchy Pickles via theprairiehomestead.com, ada lima tips yang bisa dicoba untuk membuat acar timun yang renyah. Apa saja tipsnya? Langsung saja simak rangkumannya di sini, ya.

1. Pilih Timun Muda dan Berukuran Kecil

Pilih timun yang masih muda, padat, dan ukurannya kecil. Ini salah satu kunci penting untuk menghasilkan acar timun yang renyah. Jika timun yang kita gunakan ukurannya besar, nanti ketika dibuat acar akan gampang lembek.

2. Pilih Timun Segar

Idealnya timun yang baru dipetik yang paling pas untuk dijadikan acar. Setidaknya pilih timun yang kondisinya masih segar. Bukan yang kulitnya sudah keriput atau menyusut.

3. Rendam Mentimun di Air Es

Infused water mentimun dan mint
Ilustrasi./(Foto: shutterstock)

Siapkan baskom yang berisi air dan es batu. Rendam timun selama beberapa jam sebelum diolah. Bisa juga disimpan di dalam kulkas untuk menjaga teksturnya tetap renyah.

4. Iris Pangkal Mentimun

Iris bagian pangkal mentimun. Sebab bagian pangkalnya ini konon mengandung enzim yang dapat menyebabkan acar jadi lembek. Setelah dicuci bersih dan siap diolah jadi acar, potong pangkal mentimunnya terlebih dahulu, ya.

5. Mentimun Diremas dengan Garam

Bila kita akan membuat acar dengan mentimun yang diiris dadu, cara yang satu ini bisa dicoba. Timun yang sudah dipotong dadu diberi 1 sdm garam, lalu diremas-remas sampai keluar air. Setelah itu, timun bisa dicampur dengan bahan lain untuk dijadikan acar.

Semoga tips di atas bisa memudahkanmu dalam membuat acar timun yang renyah, ya. Kadang kita perlu bereksperimen sendiri dalam membuat acar yang sesuai dengan kesukaan kita.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓