Inilah Keuntungan Menjadi Seorang Vegan Menurut Ahli Gizi

Fimela Editor25 Feb 2020, 09:30 WIB
sayuran

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin bertanya-tanya tentang bagaimana tubuh bisa mendapatkan asupan protein jika sudah menjadi seorang vegan, yang artinya kita tidak lagi mengonsumsi telur, susu, dan daging. Sebenarnya, kamu tetap bisa mendapatkan protein. Bahkan, tidak hanya itu karena masih banyak lagi nutrisi dan keuntungan lain yang akan kamu dapatkan.

Vegan tengah menjadi tren perubahan gaya hidup kekinian. Banyak orang menjadi vegan karena beberapa alasan tertentu, termasuk kesehatan. Menjadi vegan akan membuat beberapa perubahan dan kebaikan bagi tubuh. Mulai dari menurunkan berat badan hingga menyehatkan tubuh dapat kamu peroleh ketika menjadi seorang vegan.

Melansir dari bustle.com, berikut beberapa keuntungan lainnya yang akan kamu dapatkan jika menjadi seorang vegan.

Asupan protein sehat

Seorang konsultan nutrisi holistik dan pendiri Gut of Integrity, Stephanie Papadakis menjelaskan kamu dapat mempelajari kombinasi apa yang paling cocok untuk tubuhmu. Gandum dan kacang-kacangan memang bukan protein lengkap tetapi dapat dikombinasikan untuk menyempurnakannya.

"Setiap makan, kombinasikanlah makanan berikut ini untuk membuat protein lengkap, yakni gandum, biji-bijian ditambah dengan kacang-kacangan, misalnya kacang polong. Dengan perpaduan makanan ini, kamu akan mendapatkan protein,” jelasnya.

Meningkatkan sistem pencernaan

Serat adalah bagian dari tanaman yang dapat membantu mengatur pergerakan usus. Saat beralih ke gaya hidup vegan, kamu akan makan lebih banyak makan makanan yang berbasis tanaman. Oleh karena itu, tubuhmu memproduksi lebih banyak serat dan dengan ini dapat melancarkan pencernaan.

"Kamu mungkin akan memiliki sistem pencernaan yang teratur karena sayuran memiliki lebih banyak serat. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang lebih tinggi dari pola makan vegan dan peningkatan simultan karbohidrat. Konsumsilah buah dan sayuran yang kaya serat dalam diet vegan," jelas Papadakis.

Memperoleh energi

Dengan menjadi vegan, kamu tidak perlu takut akan kekurangan energi untuk tubuh. Memang, tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk mencerna makanan yang berbasis tanaman daripada memakan daging asalkan menggabungkan asam amino yang tepat bersama-sama sehingga kamu memiliki lebih banyak energi.

Selain itu, diet vegan juga merupakan pola makan yang tinggi serat, magnesium, asam folat, vitamin C, vitamin E, zat besi, dan antioksidan bersumber dari tumbuhan. Banyak juga produk nabati yang tinggi karbohidrat, seperti gandum, alpukat, beras cokelat, kentang, tempe, tahu, bayam, kacang hijau, kacang polong, kacang buncis, hingga kacang merah.

 

Menurunkan berat badan

Buah dan sayuran
Ilustrasi buah dan sayuran (Foto: unsplash)

Reed Mangels, seorang ahli gizi berlisensi sekaligus dosen Ilmu Gizi di University of Massachusetts, Amerika Serikat, mengatakan bahwa diet vegan adalah solusi untuk menurunkan berat badan dengan hasil yang terpampang nyata.

Hal ini dikarenakan makanan nabati mengandung lebih sedikit kalori daripada bahan pangan hewani. Selain itu, asupan serat tinggi dari buah dan sayuran membuat kamu lebih cepat merasa kenyang sehingga meminimalisir keinginan untuk mengemil.

Penulis: Rafinda

#changemaker

Lanjutkan Membaca ↓