Cara Survive dari Efek Jet Lag Penerbangan Jarak Jauh

Novi Nadya21 Feb 2020, 19:30 WIB
Penerbangan jarak jauh

Fimela.com, Jakarta Jet lag dialami semua orang yang bepergian dalam perjalanan jarak jauh melewati zona waktu. Namun bukan berarti mabuk pascaterbang harus ditakuti melainkan kita harus mempersiapkan diri.

dr. Eugenia Permatami H, SpA tidak menyarankan untuk mengambil jalan pintas dengan minum obat. Ia lebih menekankan bagaimana carranya survive dari jet lag setelah menempuh perjalanan jarak jauh dengan beberapa tips dan trik ini;

1. Baju yang NyamanSaat menempuh perjalanan jauh, pilihlah outfit simpel dan paling nyaman.

2. Bantal Leher dan Penutup MataLengkapi kenyamanan saat duduk seharian di kursi pesawat dengan membawa bantal leher dan penutup mata agar bisa beristirahat dengan lebih nyaman.

 

Minim Barang di Kabin

Ilustrasi
Ilustrasi pesawat terbang. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

3. Minim Barang di KabinKaki kita butuh bergerak leluasa tanpa banyak barang di bawahnya. Pastikan kaki kamu bisa selonjoran dengan bebas tanpa banyak barang bawaan.

4. Sedia Minuman dan SnackUntuk berjaga-jaga saat waktu makan dan minum belum tiba, kita bisa membawa snack dan minuman untuk mengganjal lapar di dalam tas.

5. Bergerak dan StretchingUsahakan untuk bergerak semudah jalan ke toilet untuk meregangkan kaki dan melancarkan sirkulasi darah bagian bawah.

 

Persiapan Fisik dan Nutrisi Tubuh

[Fimela] Olahraga
Ilustrasi Olahraga | unsplash.com/@brucemars

6. Persiapan Fisik dan Nutrisi TubuhTak ada salahnya memulai latihan fisik ringan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Istirahat cukup sert mengonsumsi buah dan sayur.

7. Multivitamin jika DiperlukanSetelah mengistirahatkan tubuh dan menutrisinya, kita bisa menambahkan stamina dengan multivitamin seperti vitamin b12 vitamin C, vitamin D, dan magnesium.

8. Hand Sanitizer Di masa penyebaran infeksi virus Corona yang merajalela, membuat orang semakin mawas dengan hidup sehat seperti membawa dan memakai hand sanitizer untuk kehegienisan.

9. Relaks dan Berpikir PositifYang penting lagi, selalu berpikir positif saat berada di dalam pesawat. Begitu juga dilarang panik berlebihan saat terjadi hal-hal di luar teknis dalam pesawat.

Simak video berikut ini

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓