Sukses

Lifestyle

4 Tips Optimalkan Staycation untuk Redakan Segala Penatmu

Fimela.com, Jakarta Staycation adalah liburan dengan bersantai di rumah atau di hotel. Saat kita sudah sibuk dengan berbagai aktivitas dan kegiatan, kadang waktu libur paling pas dimanfaatkan dengan bersantai saja. Rebahan dan menikmati waktu "tak melakukan apa-apa" bisa sangat efektif untuk bantu redakan stres.

Agar staycation bisa lebih optimal dan membantumu meredakan semua rasa lelah dan penatmu, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Supaya bisa lebih rileks menghabiskan waktu liburan dengan staycation, ini cara-cara yang dapat dilakukan.

1. Matikan Ponsel

Namanya liburan, maka perlu menjauh sejenak dari kesibukan dan rutinitas harian yang padat. Matikan ponsel untuk sementara waktu. Setidaknya dengan cara ini, kita bisa lebih fokus menikmati waktu kita bersantai tanpa ada gangguan dari pihak luar. Kesampingkan dulu berbagai macam urusan pekerjaan dan keriuhan media sosial.

2. Nonton Film atau Serial Favoritmu

Nonton film atau serial favorit sambil bersantai bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk merilekskan tubuh. Siapkan camilan atau makanan ringan favoritmu sambil menonton tayangan kesukaanmu. Menonton acara kesukaan bisa menjadi semacam "pelarian" sementara untuk menjernihkan pikiran.

 

3. Hindari Junk Food

Meski kadang godaan untuk mengonsumsi makanan cepat saji sangat kuat ketika bersantai atau berlibur, sebisa mungkin selama staycation hindari junk food. Melansir food.ndtv.com, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi gula dan lemak bisa mengubah aktivitas kimia di otak dan membuatnya makin ketergantungan pada makanan tersebut. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Montreal pada tikus menunjukkan bahwa tikus mengalami gejala sarak (withdrawal symptoms) setelah makanan cepat saji yang biasa diberikan dihentikan. Pada manusia, gejala sarak dapat menyebabkan kesulitan mengatasi stres sehingga mengakibatkan depresi dan akhirnya kembali ketergantungan pada makanan cepat saji untuk membuatnya kembali nyaman. Kandungan asam lemak yang tak seimbang pada junk food juga bisa meningkatkan risiko depresi pada manusia.

4. Dapatkan Tidur yang Cukup

Selama staycation, ada baiknya tidak hanya diisi dengan tidur saja. Dapatkan porsi tidur yang cukup, tidak sampai berlebihan. Jika jam tidur terlalu berlebihan, nantinya akan menyulitkan kita untuk kembali ke rutinitas seperti biasa. Bisa diimbangi dengan olahraga ringan atau melakukan aktivitas ringan untuk menjaga tubuh tetap terasa bugar.

Itu tadi beberapa tips mudah yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan staycation demi melepas penat dan stres. Cukupi kebutuhan istirahat tubuh dengan baik supaya aktivitasmu bisa selalu lancar.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading