Sebelum Usia 30an, Ada Masa-Masa Berat yang Harus Dilalui Perempuan

Endah Wijayanti22 Feb 2020, 12:15 WIB
menikah dan usia

Fimela.com, Jakarta Hidup tak ubahnya sebuah perjalanan. Ada banyak hal yang kita jumpai dalam perjalanannya. Tak semuanya indah. Ada hal-hal yang cukup berat yang harus dilalui. Masa-masa berat pun datang silih berganti.

Sebagai perempuan, kita pun akan dihadapkan pada berbagai macam permasalahan dalam hidup. Terlebih ketika kita berada di usia 20an, banyak hal baru yang kadang memberi berbagai pengalaman tak terduga. Bahkan ada masa-masa berat yang harus dilalui seorang diri.

Dari Masalah Pekerjaan Hingga Pernikahan, Cobaan Datang Silih Berganti

Baru lulus kuliah, pontang-panting cari pekerjaan yang tepat. Begitu dapat pekerjaan, ada banyak masalah baru yang harus dihadapi. Belum lagi dengan desakan untuk segera menikah. Padahal baru saja patah hati atau mungkin sedang ingin memperjuangkan hal lain. Berbagai cobaan terkait pekerjaan dan pernikahan datang silih berganti. Semua itu tak bisa dihindari.

Facing difficulties is inevitable, learning from them is optiona. – John Maxwell

berpetualang
ilustrasi./Photo by Anthony Tran on Unsplash

Jatuh Bangun dalam Hidup Memberi Pelajaran Berarti

Ada banyak hal yang membuatmu terjatuh. Bahkan ada masa-masa di mana kamu berada di jurang yang paling dalam. Jatuh bangun seorang diri melalui banyak hal berat dalam hidup. Namun, semua itu pada akhirnya akan memberi pelajaran yang berarti dalam hidupmu. Masa-masa berat yang kita lalui di usia 20an akan menjadi bekal pelajaran penting untuk membantu kita lebih dewasa.

Women need real moments of solitude and self-reflection to balance out how much of ourselves we give away. - Barbara De Angelis

bahagia
ilustrasi./Photo by Leah Kelley from Pexels

Akan selalu ada masa-masa berat yang kita hadapi dalam hidup. Setelah melewati usia 30 tahun pun, akan muncul masalah-masalah baru yang harus dihadapi seorang diri. Tak perlu terlalu dikhawatirkan atau dicemaskan. Semua masalah itu adalah bagian dari hidupmu. Kita terlatih menjadi perempuan kuat karena bisa menaklukkan berbagai masalah yang ada dalam hidup.

Di usia 20an, jangan ragu untuk melakukan hal-hal baru dalam mencari jalan keluar atas setiap permasalahan yang ada. Buat pilihan-pilihan baru dengan keyakinan dalam hatimu. Dengan begitu, kamu akan lebih siap untuk menyambut hari-hari barumu ke depannya dengan hati yang lebih tangguh dan jiwa yang lebih tegar.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓